memilih teman

Sebagai anak muda, membangun pertemanan yang sehat itu termasuk hal yang penting banget untuk kehidupan sosial kamu. Kenapa? Karena teman bisa mempengaruhi pola pikir, perasaan, dan juga perilaku kita.

Kehebatan seseorang dapat diukur dari orang-orang di sekelilingnya, termasuk teman-teman terdekatnya. Kalau ingin tahu akan jadi seperti apa seseorang dalam 5 atau 10 tahun mendatang, kamu cukup melihat dengan siapa mereka bergaul. Kenalan (koneksi) memang harus banyak, tapi kamu juga harus bisa memilih teman yang terpercaya bagimu.

Bagaimana cara memilih teman yang tepat untuk menjalani masa mudamu? Simak aja di sini:

memilih teman

  1. Berteman dengan orang yang fleksibel dan memberi inspirasi

Sekarang ini udah bukan zamannya berteman dengan orang yang ke mana-mana harus barengan dan samaan. Bakal lebih seru kalau kamu berteman dengan orang yang fleksibel dan menginspirasi dalam perbedaan.

Jangan cuma karena teman dekat, kamu jadi harus selalu bareng-bareng ke mana pun kalian berada, mulai dari makan siang, masuk jurusan dan kampus yang sama, sampai ke toilet juga harus bareng, duh! Yang ada “kekompakan” itu malah jadi awal perselisihan dan persaingan.

  1. Berteman dengan orang yang lebih baik dari kamu

Kalau kamu udah merasa jadi yang paling hebat di antara teman-teman kamu, maka itu udah saatnya kamu mencari teman atau lingkungan yang baru. Lho, memang kenapa? Karena kamu harus terus belajar dari teman-temanmu.

Misalnya, kalau kamu yang biasanya diandalkan saat mengerjakan tugas kelompok oleh teman-temanmu, maka udah saatnya kamu mulai mencari teman yang lebih pintar dari kamu. Tapi, hal ini bukan berarti kamu harus meninggalkan teman-teman lama kamu lho. Hal ini bertujuan agar lingkaran pertemananmu semakin luas.

memilih teman

  1. Berteman dengan orang yang memiliki semangat dan mimpi yang sama denganmu

Kalau berteman, sebaiknya kamu hindari yang orangnya malas tiap diajak diskusi atau bahkan diajak nongkrong atau bersenang-senang. Sama seperti sifat positif, sifat negatif seperti rasa malas, emosian, atau pesimis itu juga bisa mempengaruhi kamu.

Karena itu, pilihlah teman yang memiliki mimpi dan semangat yang sama tingginya dengan kamu.

  1. Berteman dengan orang yang terus bersama kamu dalam keberhasilan maupun kesulitan

Berteman dengan teman yang secara tulus ikut merayakan setiap keberhasilan kamu, sekecil apa pun itu, pasti akan membuat kamu lebih bahagia. Selain turut menemani kamu dalam senang, teman yang baik adalah teman yang juga menemani kamu di saat sulit.

Memilih teman yang sesuai dengan kriteria di atas memang susah-susah gampang. Tapi, kamu juga harus mau bersikap dan berbuat baik untuk teman-temanmu ya, jangan cuma enaknya dia kamu aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *