laptop baru

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop baru, biasanya yang jadi pertimbangan awal adalah harga, spesifikasi, dan kualitas. Sebenarnya, laptop baru memiliki spesifikasi dan kualitas yang standar dari pabriknya. Yang jadi pertimbangan utama adalah membeli laptop dengan menyesuaikan kebutuhan. Hal ini tentu terkait dengan harga laptop tersebut.

Nah, berikut ada panduan untuk membeli laptop baru untuk kamu:

laptop baru

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Pertama, kamu perlu mengetahui keinginan kamu, laptop itu nantinya akan digunakan untuk apa:

  • Untuk perkuliahan

Kebutuhan perkuliahan biasanya berhubungan dengan segala file-file baik untuk membuat makalah, presentasi, dan lainnya. Ada juga kebutuhan untuk mendengarkan musik, membuka internet, atau menonton film. Kalau kebutuhannya seperti ini, laptop dengan spesifikasi menengah pun udah cukup.

  • Untuk gaming

Permainan game-game berat biasanya membutuhkan tingkat waktu lebih lama, performa sistem yang stabilm dan kualitas jernih serta tajam. Karena itu, laptop yang dibutuhkan tentunya memerlukan memori yang banyak.

  • Untuk desain grafis

Kegiatan yang satu ini berhubungan dengan grafik, warna, editing, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop pun juga membutuhkan memori tinggi. Karena selalu berhubungan dengan multimedia, maka spesifikasi prosesor dan memorinya pun perlu yang tinggi.

  1. Ketahui jenis dan merek laptop

Jenis laptop ada beragam. Kamu perlu memperhatikan kualitasnya untuk menemukan pilihan laptop yang tepat. Sesuaikan jenisnya dengan budget kamu dan segala macam kebutuhan aplikasi di dalamnya. Tiap jenis laptop dengan bermacam merek biasanya memiliki reputasi pemakaian, yang bisa kamu cari tahu dari testimoni yang beredar di internet.

Misalnya, Toshiba yang terkenal tahan banting dan umurnya lebih lama, atau Asus yang memiliki layanan service terbaik, dan sebagainya.

  1. Perhatikan garansi dan service

Adanya garansi dan layanan service lebih menjamin laptop kamu nyaman untuk digunakan tanpa khawatir kalau terjadi masalah di kemudian hari. Ada yang memberikan garansi sampai dengan 2 tahun, dan bahkan ada yang akan mengganti laptop yang rusak dengan yang baru. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan ketersediaan service center-nya.

laptop baru

  1. Perhatikan harga jual kembali

Kamu perlu mencari tahu dulu kalau laptop yang kamu pilih tersebut memiliki harga jual kembali yang nggak terlalu jauh dari harga beli. Jadi, kalau suatu saat kamu ingin menjualnnya dan membeli yang baru, kamu nggak akan mengalami kerugian yang signifikan. Kamu perlu memperhatikan keuntungan yang akan kamu dapatkan.

  1. Cek kondisi laptop

Sebelum meninggalkan toko, kamu perlu mengecek kondisi laptop terlebih dulu, apakah ada kecacatan atau nggak. Perhatikan konektivitas USB, HDMI, LAN, dan wifi, apakah tersedia atau nggak dan bisa bekerja dengan baik. Ada baiknya saat membeli laptop baru kamu mencobanya di tempat, supaya saat terjadi masalah bisa segera mendapatkan solusinya.

Itulah panduan dalam membeli laptop baru yang perlu kamu perhatikan. Dengan mengenal kebutuhan standar dan spesifikasi laptop di pasaran, tentu kamu pun jadi lebih mudah dalam menyesuaikan kebutuhan dengan budget yang kamu punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *