liburan panjang

Setelah ujian akhir semester, maka tibalah waktunya untuk menikmati liburan panjang! Siapa nih, yang udah nggak sabar untuk berlibur?

Biasanya, apa aja sih kegiatan para mahasiswa saat liburan panjang? Ini dia di antaranya:
  1. Traveling

liburan panjang

Sekarang ini, makin banyak remaja dan anak muda Indonesia yang melakukan traveling. Tujuannya pun macam-macam, ada yang traveling dalam negeri dan ada juga yang sampai ke luar negeri. Selain itu, kegiatan ini juga didukung dengan banyaknya informasi dan tips seputar traveling yang beredar di internet. Jadi, untuk persiapannya pun bisa dilakukan dengan lebih matang.

  1. Berolahraga

liburan panjang

Kegiatan olahraga pun marak dilakukan para mahasiswa. Ada yang nge-gym, sepedaan di car free day, atau olahraga lari biasa. Selain untuk kesehatan, ada juga yang melakukan kegiatan ini untuk rekreasi dan refreshing, seperti olahraga air di tempat wisata.

  1. Ikut semester pendek

liburan panjang

Ternyata ada banyak mahasiswa yang memilih untuk ikut program SP atau semester pendek selama liburan. Selain untuk mengisi waktu luang, SP juga membantu untuk membuat mahasiswa lulus lebih cepat dari seharusnya, karena mata kuliah yang diambil lebih banyak.

  1. Kerja sambilan

liburan panjang

Walau bukan jadi tren seperti di negara-negara barat, tapi banyak mahasiswa yang memilih untuk bekerja sambilan selama liburan. Tujuan utamanya adalah tentu untuk mendapatkan uang saku tambahan di samping menghabiskan waktu. Selain uang saku bertambah, pengalaman juga bertambah dengan kegiatan yang satu ini.

  1. Ikut workshop seni

liburan panjang

Kegiatan yang berhubungan dengan seni pun banyak diambil oleh mahasiswa saat liburan panjang. Workshop yang diikuti pun cukup beragam, mulai dari fotografi, melukis, sampai cara menjadi jurnalis. Hmm, cukup kreatif bukan?

  1. Ikut magang

liburan panjang

Selain kerja sambilan, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman dan mempraktekkan ilmu dengan mengikuti program magang. Bukan cuma itu, mahasiswa juga bisa memperluas koneksi yang bisa bermanfaat di masa depan nanti. Siapa tahu saat lulus nanti akan dipanggil untuk bekerja kembali di perusahaan tempat magang tersebut. Ada juga beberapa perusahaan yang memberikan bayaran untuk yang magang, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *