literasi keuangan

Apa kamu pernah mendengar tentang istilah literasi keuangan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi berarti kesanggupan membaca dan menulis. Dalam hal finansial, literasi keuangan (financial literacy) dapat diartikan sebagai kesanggupan atau kecakapan dalam hal keuangan.

Pelaksanaan edukasi untuk meningkatkan keuangan masyarakat itu sangat dibutuhkan. Berdasarkan survei pada tahun 2013 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia dibagi menjadi empat bagian, disertai jumlah persenannya, yaitu:

literasi keuangan

Well Literate (21,84%): memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan. Yang termasuk di dalamnya adalah fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

Sufficient Literate (75,69%): memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan. Yang termasuk di dalamnya adalah fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan.

Less Literate (2,06%): hanya memiliki pengetahuan tentang lembaga jasa keuangan, produk, dan jasa keuangan.

Not Literaate (0,41%): tidak memiliki pengetahuan dan keyakinan terhadap lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan. Keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan pun juga tidak dimilki.

literasi keuangan

Lalu, pentingnya literasi keuangan untuk kehidupan kita apa sih?

Literasi keuangan itu merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Jika seseorang memiliki literasi keuangan yang baik (well literate), maka dia akan mampu melihat uang dengan sudut pandang yang berbeda, dan juga memiliki kendali atas kondisi keuangannya.

Seseorang akan tahu apa yang harus dilakukan dengan uang yang sedang dimiliki atau yang akan dimiliki, serta mengetahui bagaimana cara memanfaatkan uang agar dirinya tidak diperbudak oleh uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *