anak rantau

Udah pada mudik? Pasti ada yang udah dan ada yang belum. Buat yang udah, hati-hati di jalan dan semoga selamat sampai tujuan ya.

Nah, buat yang belum atau lagi mau siap-siap, udah coba praktekkan 10 panduan wajib andalan anak rantau ini belum?
  1. Buat yang nggak pakai kendaraan sendiri, beli tiket PP (pulang-pergi) jauh-jauh hari

Selain murah, nggak ada lagi acara tunda-tunda. Rugi bandar kalo sampai telat padahal tiketnya udah lunas. Mau nggak mau kamu harus cabut sesuai jadwal.

  1. Kabarin Bapak/Ibu kos kalo kamu mau mudik

Jangan mepet semalam sebelum hari H. Jangan lupa kabarin juga kapan kamu akan kembali (biar kamarnya nggak dikasih ke orang lain.) Ucapkan terima kasih dan mohon maaf lahir batin. Pas kembali nanti, jangan lupa juga bawakan oleh-oleh untuk mereka ya.

anak rantau

  1. Semua tugas dan kerjaan udah pada kelar belum?

Biar konsen sama mudik, pastikan semua urusan kampus, seperti tugas kuliah dan progres organisasi, serta urusan magang udah kelar semua. Nggak mau kan kalau di tengah jalan tiba-tiba ditagih dosen soal email tugas?

  1. Kalau bisa, cari barengan

Ada teman kampus yang searah? Bareng aja. Selain biar nggak garing di jalan, berangkat sama teman (apalagi dalam jumlah banyak) lebih aman ketimbang sendirian. Mau itu naik kereta bareng atau carpooling pas road trip. Kalau road trip lebih enak lagi, karena nyetirnya bisa gantian.

  1. Bawa barang seperlunya aja

Nggak perlu baju se-lemari kamu packing. Hitung aja jumlah pakaian selama kamu di sana (kecuali kalau di sana udah ada pakaianmu juga), lalu bawa yang benar-benar penting. Misalnya, keperluan tugas kuliah semester depan atau proyek, laptop, dan barang-barang berharga lainnya yang memang sebaiknya nggak ditinggal di kosan.

anak rantau

  1. Buat barang berharga yang nggak bisa ikut dibawa, titip aja

Nggak mungkin kan, motor sebesar itu mau kamu bawa mudik kalo nggak road trip? Mending kamu titipkan aja, entah ke Bapak/Ibu kos, atau teman yang tinggal dekat kampus. Pokoknya orang yang kamu percaya banget. Jadi saat kembali kuliah nanti masih utuh.

  1. Keberatan oleh-oleh?

Nggak cuma bawa barang-barang kamu, pasti ada keinginan untuk bawa oleh-oleh buat keluarga di kampung halaman. Hanya aja, kok jadi ribet ya? Selain tanganmu bakal penuh, ada risiko oleh-oleh tercecer, rusak, hingga hilang di jalan. Mau nggak mau kamu harus memanfaatkan jasa kiriman agar hal-hal itu nggak kejadian.

  1. Mau anak rantau atau bukan, pastikan semua colokan listrik kamu cabut dari stop kontak

Biar rumah atau kamar kosan nggak terancam kebakar karena korslet, pastikan semua colokan listrik kamu cabut dari kontak. Jangan lupa juga lepas selang kompor, pemanas air, dan tabung gas. Memang ribet sih, tapi hal ini penting agar aman dan nggak nyusahin diri sendiri maupun orang lain.

  1. Stay casual dan jangan lupa bawa obat-obatan pribadi

Biar nggak ribet, pakai baju yang nyaman aja selama perjalanan. Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi dan tisu basah serta tisu kering. Gampang lapar dan haus di jalan? Bawa juga makanan ringan dan minuman, ketimbang masuk angin nggak karuan.

anak rantau

  1. Buat yang mau road trip,cek dulu kondisi kendaraan kamu

Kalau ada masalah dengan mobil atau motor kamu, baiknya segera kamu bawa ke bengkel untuk diservis. Paling telat sih, dua minggu sebelum Lebaran, karena bisa aja bengkel langganan tutup, penuh, atau malah harganya jadi mahal.

Buat anak rantau yang baru mau mudik, semoga selamat sampai tujuan ya. Yang penting bertemu keluarga dalam kondisi sehat dan saat kembali nanti juga lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *