makanan dan minuman

Salah satu persiapan penting dalam menghadapi ujian adalah menjaga supaya badan sehat dan fit. Pastinya nggak enak kan, kalau kamu udah belajar mati-matian, tapi saat di hari H kamu malah jadi nggak maksimal menjawab soal karena badamu lagi nggak fit?

Untuk  menjaga kesehatan, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Menjelang ujian, sebaiknya kamu menghindari jenis-jenis makanan dan minuman berikut ini:
  1. Coklat dan permen

makanan dan minuman

Siapa sih yang nggak suka coklat dan permen? Walaupun kamu suka dengan jenis makanan yang satu ini, ada baiknya kamu menghindari untuk mengonsumsinya saat ujian. Kandungan gulanya yang besar dalam jenis makanan ini bakal bikin kamu gampang ngantuk.

Senyawa kimia dalam otak yang menjaga pikiran bakal terus “on” akan terhambat saat kita mengonsumsi gula. Gawat kan kalau kamu sampai ngantuk di tengah menjawab soal?

  1. Cake dan muffin

makanan dan minuman

Makanan jenis ini mengandung tepung terigu dalam jumlah yang besar. Secara kimia, tepung terigu termasuk senyawa karbohidrat kompleks. Untuk mencernanya, diperlukan waktu dan energi yang lebih.

Bukannya energimu terpakai untuk fokus saat ujian, tapi bisa-bisa malah lebih banyak digunakan untuk mencerna makanannya. Jadi sebelum ujian usahakan jangan mengonsumsi makanan ini untuk sarapan atau ngemil ya.

  1. Keju

makanan dan minuman

Keju juga sebaiknya masuk dalam list makanan yang perlu kamu hindari. Keju punya kandungan triptofan yang besar dan berfungsi untuk pengaturan tidur. Jangan sampai kamu jadi ngantuk saat ujian nanti!

  1. Minuman bersoda

makanan dan minuman

Minuman bersoda mungkin memang bisa bikin melek dan segar. Tapi, minuman ini kadar gulanya tinggi banget lho. Selain itu, meskipun berupa minuman, pada nyatanya minuman bersoda bakal bikin tubuh kamu dehidrasi. Kalau sampai dehidrasi dan haus terus-terusan saat ujian, bisa-bisa kamu malah nggak fokus kan mengerjakannya?

  1. Pasta

makanan dan minuman

Kita memang butuh karbohidrat sebagai sumber tenaga kita. Pasta juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang terbesar. Nah, tapi, sebelum ujian, baiknya kamu nggak mengonsumsi pasta jenis apa pun. Karbohidrat memang mengenyangkan, tapi juga bisa bikin kamu ngantuk. Pastinya saat mengerjakan soal kamu nggak mau kehilangan fokus karena ngantuk kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *