cara simpel

Dengan banyaknya kasus peredaran uang palsu membuat kita harus selalu waspada. Berbagai macam cara dilakukan oleh para pengedar uang palsu. Biasanya peredaran uang palsu marak terjadi menjelang hari-hari besar,seperti Idul Fitri.

Nah, berhubung sebentar lagi Lebaran tiba, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membedakan uang asli dengan uang palsu supaya nggak jadi korban. Saat menerima uang, sebaiknya kita melakukan 3D: Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

Berikut beberapa cara simpel yang perlu kamu perhatikan untuk membedakan uang asli dengan uang palsu:
  1. Perhatikan bagian pita

Pertama-tama, kamu harus memperhatikan bagian pita. Pada uang asli akan terlihat jelas tulisan “Negara Kesatuan Republik Indonesia” tercetak di atas pita dan menyatu dengan baik. Tapi, pada uang palsu, tulisan ini seakan tertindih oleh pita.

  1. Gambar timbul air

Cek uang dengan cara diterawang. Pada uang asli, saat kamu perhatikan di gambar timbul air akan terlihat jelas gambar pahlawan. Tapi, pada uang palsu, gambar ini terlihat buram dan tidak jelas.

cara simpel

  1. Tulisan Bank Indonesia dan Nominal

Pada uang asli, cetakan tulisan “Bank Indonesia” dan nominal uang akan terlihat jelas berada di dalam sebuah trapesium dengan titik-titik putih. Tapi, pada uang palsu, tulisan ini terlihat buram. Bentuk trapesiumnya pun terlihat kurang jelas.

  1. Kondisi fisik

Cara terakhir adalah dengan memperhatikan fisik uang, mulai dari warna, bentuk, sampai ketebalan tulisan, dan juga sejumlah gambar pada uang. Pada uang asli, hal-hal detail terkecil pun akan terlihat dengan sangat jelas. Tapi, pada uang palsu, detail-detail ini tidak ada, seolah-olah menghilang begitu saja.

cara simpel

Itulah beberapa cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk mengecek uang yang kamu miliki. Ingat, selalu teliti dan waspada saat kamu menerima uang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *