kuliah online

Dengan kemajuan teknologi dan tuntutan hidup yang makin meningkat, sekarang ini udah banyak universitas yang menawarkan fasilitas kuliah online. Sesuai namanya, kuliah online adalah kuliah yang disampaikan secara online, dimana mahasiswa nggak perlu menghadiri kelas di kampus, tapi tetap mendapatkan fasilitas dan gelar yang sama dengan mahasiswa reguler.

Dengan kuliah online, kamu akan mendapatkan materi kuliah yang udah disediakan secara online, mengikuti forum dimana kamu dapat bertanya pada dosen serta saling berdiskusi dengan mahasiswa lainnya. Terus, apa perbedaan dan persamaan perkuliahan online dengan perkuliahan reguler?

Simak aja di sini! Kamu pun bisa menimbang-nimbang apakah kamu lebih memilih kuliah di kampus, atau kuliah online:

kuliah online

Fleksibilitas

Dengan kuliah online, asal kamu bisa mengatur waktu dengan baik, kamu tetap bisa kuliah tanpa harus meninggalkan aktivitas dan kebiasaan kamu. Dengan perkuliahan ini juga amu bisa coba untuk mendapatkan gelar dari universitas luar negeri, tanpa perlu meninggalkan negara Indonesia serta meninggalkan aktivitas kamu di sini.

Biaya

Biaya perkuliahan online bisa 40% lebih murah (atau lebih) kalau dibandingkan dengan perkuliahan biasa. Kenapa lebih murah? Karena fasilitas yang ditawarkan tentu lebih terbatas kalau dibandingkan dengan kuliah di kampus. Jadi, selain bisa menghemat biaya kuliah, kamu juga bisa menghemat biaya hidup, karena kuliah secara online cuma membutuhkan komputer dan koneksi internet.

Lokasi

Kalau di kampus, kamu harus mengenal bangunan mana aja untuk menghadiri kelas kuliah, perpustakaan, dan fasilitas penting lainnya. Kalau kuliah secara online, kamu perlu mengenal di bagian mana kamu bisa login, mendapatkan materi, berhubungan dengan dosen serta mahasiswa lainnya, dan mengenal fasilitas online lainnya, misalnya perpustakaan online.

Kuliah online juga ada masa orientasinya, dimana kamu akan dikenalkan dengan dosen, staf pendukung, dan fasilitas yang bisa diakses. Yang membedakan hanyalah semua dilakukan secara virtual.

Kurikulum

Nggak begitu banyak perbedaan dalam hal kurikulum atau modul kuliah antara perkuliahan online dengan perkuliahan di kampus. Yang jelas, biasanya ada beberapa hal yang disesuaikan untuk perkuliahan online.

kuliah online

Kemandirian dalam belajar

Di kuliah reguler, mahasiswa menghadiri kelas kuliah dimana dosen menyampaikan materi dan bisa berinteraksi lebih dekat via tanya jawab, diskusi atau debat kelompok. Sedangkan mahasiswa perkuliahan online perlu membaca materi terlebih dahulu sebelum mengikuti kelas online. Kamu juga dituntut untuk membuat jadwal sendiri dan memotivasi diri agar bisa menyelesaikan kewajiban sesuai yang dijadwalkan.

Interaksi dan sosialisasi

Kalau di kampus kamu bisa hang out dan ngobrol dengan teman, di kuliah online kamu cuma bisa berinteraksi dan sosialisasi melalui forum.

Penilaian

Sama seperti kuliah biasa, di perkuliahan online pun kamu perlu mengerjakan tugas dan ujian. Tugasmu pun juga akan dinilai. Sama halnya dengan kehadiran dan partisipasi dalam kelas kuliah reguler, kelas online juga menilai partisipasi mahasiswa dalam forum diskusi.

Nah, setelah melihat persamaan dan perbedaannya, kira-kira kamu lebih memilih kuliah di kampus atau kuliah secara online, nih? Kalau tertarik untuk kuliah online, kamu bisa coba 5 website gratis yang pernah disampaikan di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *