bulan puasa

Bulan puasa adalah bulan yang membuat para anak kosan menjadi dilema. Banyaknya pedagang takjil di sekitar kampus atau kosan pasti membuat kamu para anak kosan jadi lapar mata, belum lagi banyaknya ajakan berbuka puasa bersama. Semuanya bisa membuat kantongmu jadi bolong, tuh.

Apalagi kalau uang bulanan dari orangtua belum dikirim, pasti jadi makin sulit untuk memenuhi keinginan untuk menikmati banyak menu berbuka puasa yang enak-enak. Mau nggak mau, kamu harus bisa mengontrol pengeluaran kamu sendiri.

Nah, buat anak kosan, biar hemat di bulan Ramadhan ini, mending kamu ikuti aja 5 tips berikut:
  1. Masak sahur sendiri

Sahur memang jadi salah satu bagian yang paling sulit dalam berpuasa. Bangun tidur aja udah malas, belum lagi kalau harus pergi keluar membeli lauk. Kamu juga harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli satu porsi nasi lengkap, karena biasanya harganya lebih mahal di bulan puasa sampai lebaran akibat naiknya harga bahan pokok.

Nah, karena itu, mending repot sedikit di kos dengan memasak sendiri menu sahurmu. Siapkan stok bahan makanan siap saji seperti telur, kornet, ikan sarden, mie instan, dan minyak goreng yang bisa kamu masak di dapur kosan. Makin mudah kalau kamu punya rice cooker, tinggal masak nasi deh tanpa perlu beli.

  1. Jangan begadang

Baiknya di bulan puasa ini biasakan diri kamu untuk nggak begadang biar bisa menghemat pengeluaran. Kenapa? Karena begadang bareng teman kos biasanya bakal membuat kamu keluar biaya lebih untuk membeli cemilan dan minuman. Kecuali kalau teman kamu mau menyediakan itu semua.

bulan puasa

  1. Jangan makan berlebihan

Menjelang berbuka, jangan lapar mata dan membeli terlalu banyak lauk, daripada mubazir. Selain itu, kalau udah berbuka puasa dan menjalankan ibadah salat Maghrib, Isya, dan Tarawih berjamaah di masjid, pastinya kamu udah merasa kenyang, kan? Nah, setelah itu baiknya kamu segera pulang ke kos, biar nggak lapar mata lagi melihat jajanan di luar.

  1. Tolak ajakan berbuka bersama

Salah satu kunci berhemat di bulan puasa adalah: jangan makan di luar. Kalau kamu dapat banyak ajakan berbuka di luar, lebih baik kamu tolak aja, daripada kamu keluar uang banyak. Boleh sih ikut bukber sekali-sekali, tapi jangan terlalu sering!

  1. Menginap di rumah teman

Salah satu hal yang bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaranmu di bulan puasa ini adalah dengan menginap di rumah teman kamu yang memang warga asli kota tempat kampusmu berada. Apalagi kalau ada orangtuanya, pasti kamu akan diajak untuk ikutan menyantap sahur. Tapi, jangan sampai nggak tahu diri juga ya, sebagai ucapan terima kasih, minimal bantulah untuk mencuci piringnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *