keuangan saat mudik

Mudik Lebaran memang jadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang selalu menyita perhatian. Mau sepanjang dan sesulit perjalanan yang akan ditempuh, tradisi satu ini pasti nggak akan dilewatkan. Dengan niat dan silaturahmi menemui sanak keluarga dan orang terkasih di kampung halaman, mudik memang jadi pilihan bagi banyak orang.

Kalau kamu termasuk yang rutin menjalani mudik, maka kamu harus bisa mengatur keuangan kamu untuk menghadapinya. Kalau nggak, bisa-bisa keuanganmu akan kacau nantinya.

Supaya hal itu nggak terjadi, berikut ada tips mengatur keuangan saat mudik yang perlu kamu ketahui:

keuangan saat mudik

  1. Utamakan pengeluaran untuk kebutuhan pokok

Mudik memang sering membuat anggaran jadi nggak terkendali. Saat sedang ada uang dalam genggaman pasti rasanya ada aja kebutuhan yang mesti dibeli. Nah, untuk menghindarinya, kamu perlu menyusun daftar kebutuhan dan menentukan prioritas. Pisahkan anggaran untuk kebutuhan pokok terlebih dulu, di antaranya kebutuhan transportasi, konsumsi, dan akomodasi.

  1. Bawa uang cash secukupnya

Saat melakukan perjalanan mudik, sebisa mungkin bawalah uang cash seperlunya. Kenapa? Supaya kamu bisa menghindari hal yang nggak diharapkan. Begitu juga saat bertransaksi, gunakanlah uang cash seminimal mungkin. Kalau harus melakukan transaksi keuangan di tengah perjalanan, manfaatkanlah fasilitas transaksi perbankan secara non tunai seperti e-banking.

keuangan saat mudik

  1. Siapkan dana nggak terduga

Cadangan dana nggak terduga juga wajib untuk kamu siapkan. Sisihkan minimal 10% uang cash untuk mengantisipasi terjadinya kejadian mendadak yang berkaitan dengan perjalanan mudik kamu.

  1. Pikirkan juga anggaran setelah mudik

Kebutuhan setelah Lebaran pun jangan sampai kamu lupakan. Hal ini perlu kamu perhatikan agar kamu bisa menghindari utang. Ada baiknya kamu menyisihkan biaya tersendiri untuk biaya setelah mudik Lebarang. Kamu pun perlu menyimpannya dengan baik, jangan sampai kamu ambil meskipun sedikit.

Yang paling penting dari tips mengatur keuangan saat mudik di atas adalah bagaiman kamu dapat melakukannya dengan disiplin. Tanpa kedisiplinan, maka untuk menyeimbangkan finansial kamu pun juga jadi sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *