aplikasi mendeley

Yang namanya mahasiswa pasti udah nggak asing lagi dengan yang namanya karya tulis ilmiah. Kamu pasti sering mengerjakan karya ilmiah dalam berbagai rupa, mulai dari paper (makalah), proyek dosen, sampai skripsi atau tugas akhir untuk mahasiswa tingkat akhir.

Waktu mengerjakan skripsi, mungkin kamu pernah merasa ribet dan malas sama yang namanya menyusun daftar pustaka. Segala kutipan dan sumber yang kamu gunakan perlu kamu cantumkan satu per satu dengan format tertentu. Kalau sumber yang kamu gunakan berasal dari berpuluh-puluh jurnal, pastinya menyusun daftar pustakanya bakal bikin kamu pusing dan mata jadi siwer.

Nah, untungnya di era yang penuh dengan perkembangan teknologi sekarang ini, ada aplikasi yang memberikan solusi terhadap permasalahan ini. Namanya adalah aplikasi Mendeley.

aplikasi mendeley

Mendeley adalah aplikasi desktop berupa citation and reference manager yang bakal membantu kamu untuk membuat daftar isi dari berbagai jurnal yang kamu kumpulkan. Nggak cuma membuat daftar pustaka secara otomatis, Mendeley juga bisa mengidentifikasi kualitas dan keaslian setiap referensi yang digunakan, mengolah dokumen referensi, membuat pengelompokan berdasarkan kategori tertentu, dan me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen secara otomatis.

Kamu juga bisa berkolaborasi dan berbagi data penelitian dengan pengguna Mendeley lainnya, karena aplikasi ini terintegrasi dengan jejaring sosial. Mendeley juga menyediakan web storage sebesar 2GB yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan data cadangan, jaga-jaga siapa tahu data offline kamu mendadak hilang. Kamu juga bisa membawa data pekerjaan kamu ke mana-mana karena aplikasi ini dapat digunakan juga di perangkat iOS dan Android.

aplikasi mendeley

Cara menggunakan aplikasi Mendeley adalah sebagai berikut:

  1. Setelah meng-install Mendeley, kamu bisa mulai mengunduh jurnal dari berbagai sumber.
  2. Sambungkan koneksi aplikasi Mendeley dengan program pengolah kata yang kamu gunakan dengan cara meng-install plugin pada menu Tools.
  3. Masukkan sitasi yang kamu butuhkan dalam program pengolah data dan pilih jurnal yang akan kamu kutip dari library jurnal yang telah kamu download.
  4. Setelah selesai, kamu tinggal memasukkan daftar pustaka secara otomatis dari Tools yang ada di program pengolah data kamu. Kalau kamu menggunakan Microsoft Word, klik menu Reference, kemudian Insert Bibliography.
  5. Daftar pustaka kamu akan tersusun secara otomatis deh.

Perlu diingat, Mendeley hanya bisa mengakses jurnal dari situs jurnal yang gratis, dan hanya bisa mengkurasi sitasi yang berasal dari artikel jurnal. Jadi kamu harus tetap memasukkan sitasi dari sumber lainnya seperti buku secara manual.

Gimana? Apa kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Mendeley?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *