saat puasa

Boros saat puasa? Mungkin beberapa kamu ada yang begitu. Niatan ingin berhemat, tapi ada keinginan berbuka puasa dengan ini-itu, keinginan beli baju baru, undangan berbuka bersama, dan lainnya. Hal-hal itu yang ada malah membuat dompetmu makin kering.

Sebenarnya, ada 4 hal yang bisa bikin kamu lebih hemat saat puasa, yaitu:
  1. Nggak ada makan siang

Karena sedang berpuasa, kamu nggak perlu keluar uang untuk makan siang. Selain itu, kamu juga jadi jauh dari godaan membeli cemilan dan ngopi sore. Misalnya kamu keluar uang Rp30.000,- untuk makan siang, Rp15.000,- untuk jajan, dan Rp20.000,- untuk ngopi. Coba deh dihitung, lumayan banget lho kamu jadi bisa hemat Rp1,3juta selama 20 hari.

  1. Dapat banyak takjil gratis

Keinginan berbuka dengan menu yang bermacam-macam karena lapar mata juga jadi salah satu alasan utama kamu jadi boros di bulan Ramadhan ini. Ujung-ujungnya juga pasti malah nggak habis karena terlalu banyak, mubazir kan? Padahal berbuka itu cukup dilakukan dengan sederhana, misalnya dengan teh manis hangat dan buah kurma.

Selain itu, kalau mau hemat kamu juga bisa cari takjil gratis. Takjil gratis biasanya dibagikan di masjid-masjid, dan biasanya menunya suka berganti tiap harinya.

saat puasa

  1. Manfaatkan diskon ojek online

Mau beli menu buka puasa, tapi males macet-macetan di jalan? Mending manfaatkan aja diskon yang ditawarkan fasilitas-fasilitas ojek online. Biasanya ada banyak diskon di bulan puasa ini, seperti potongan biaya antar spesial untuk restoran partner. Kamu bisa makan enak dengan harga yang lebih murah, deh.

  1. Memilah antara kebutuhan dan keinginan

Selain banyak berkah dan ampunan, biasanya ada banyak godaan juga di bulan Ramadhan. Mulai dari makanan yang enak-enak, diskon di mall, atau buka bersama yang membuat ibadah malah jadi lalai. Karena itu, kamu perlu memilah mana yang kamu butuhkan dan mendatangkan kebaikan. Dengan memilah mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan, kamu pun jadi bisa menyimpan uangmu untuk hal yang lebih prioritas, dan jadi lebih hemat saat puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *