ngantuk

Bulan puasa, biasanya bawaannya ngantuk melulu. Apalagi pas lagi kuliah, pasti makan berasa ngantuknya. Sebenarnya, kunci dari permasalahan ngantukan di bulan puasa ini ada pada pola tidur dan rasa lapar. Gimana lagi, dong? Namanya juga bulan Ramadhan.

Nah tenang, ada kuncinya biar kamu nggak ngantuk saat kuliah di bulan puasa ini:
  1. Tidur secukupnya

Usahakan atur pola tidur yang seimbang. Tidur yang secukupnya aja, nggak lebih dan nggak kurang. Kalau terlalu lama tidur, ritme gerak mata kamu jadi terbiasa oleh rasa kantuk. Kebanyakan tidur pun nggak baik juga untuk kesehatan kamu, lho. Bisa-bisa timbul penyakit-penyakit baru seperti diabetes, sampai depresi.

  1. Minum air putih

Usahakan saat sahur kamu membiasakan diri minum air putih. Lebih baik lagi kalau kamu minum 3-4 gelas. Dengan banyak minum air putih, kamu pun jadi nggak gampang mengantuk. Kenapa? Karena air putih akan membantu menyuplai oksigen ke dalam otakmu.

  1. Minum multivitamin

Supaya badan kamu fit saat menjalani puasa, konsumsilah multivitamin. Dengan multivitamin, kamu juga jadi lebih kuat menahan rasa kantuk yang menyerang, karena adanya kandungan energi di dalamnya.

  1. Lakukan gerakan-gerakan kecil

Kalau mulai merasa ngantuk, lakukanlah gerakan-gerakan kecil sederhana seperti menggelengkan kepala atau menarik tangan ke atas. Secara nggak langsung, gerakan ini bisa membuat tubuhmu segar lagi, karena memicu peredaran darah. Kalau kamu terlalu lama berdiam, kamu akan merasakan kantuk karena peredaran darahmu yang mengalirnya lebih lambat.

  1. Tarik napas

Menarik napas dalam-dalam juga bisa menjaga kamu dari rasa kantuk. Dengan menarik napas, suplai oksigen dan aktivitas dalam otak pun jadi meningkat. Yang akhirnya membuat konsentrasi kamu jadi stabil.

Selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, biasakan aja untuk melakukan 5 cara tersebut. Dengan begitu, ibadah puasa dan kuliah kamu pun bisa dijalankan dengan lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *