jiwa kepemimpinan

Melewati masa-masa kuliah memang jadi salah satu saat yang tepat untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja maupun ke tengah-tengah masyarakat. Selain berusaha untuk mendapatkan nilai terbaik selama kuliah, ada keterampilan tambahan lainnya yang perlu kamu miliki.

Salah satu skill yang banyak dicari oleh perekrut kerja adalah keterampilan dalam memimpin. Dengan jiwa kepemimpinan yang baik akan membantu kamu untuk menduduki posisi strategis dengan cepat dan menjadi berkesan bagi para anggota.

Nah, kamu pun juga bisa melatih jiwa kepemimpinan kamu di kampus, dengan cara:

jiwa kepemimpinan

  1. Sering jadi ketua organisasi dan kegiatan di kampus

Di bangku kuliah pasti kamu menemukan berbagai macam organisasi mahasiswa, mulai dari Himpunan Mahasiswa Fakultas (HM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Tiap organisasi dan ekstrakurikuler di kampus pasti sering mengadakan kegiatan-kegiatan baik di dalam maupun luar universitas.

Nah, di organisasi dan acara-acara tersebutlah kamu bisa belajar untuk menjadi seorang pemimpin. Jangan ragu untuk mengajukan diri menjadi ketua pada beberapa kegiatan. Sering berkomunikasi, berdiskusi, dan memecahkan masalah dengan banyak orang akan melatih jiwa kepemimpinan kamu.

  1. Sering bertanya dan berbicara di depan umum

Rasa percaya diri yang tinggi, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan pemikiran yang kritis adalah beberapa modal yang harus dimiliki seorang pemimpin. Untuk melatihnya, kamu bisa aktif bertanya di kelas, seminar-seminar, atau saat berdiskusi dengan teman-teman kamu. Cobalah juga untuk belajar berbicara di depan banyak orang, misalnya kamu yang bertugas menjelaskan saat presentasi kelompok di kelas.

  1. Banyak membaca

Seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas, karena itu kamu perlu membiasakan diri untuk banyak membaca. Dengan begitu, pikiran kamu jadi lebih terbuka dan cara pandangmu pun jadi lebih luas.

Dengan memiliki pandangan yang luas, kamu jadi lebih mudah dalam menghadapi perbedaan pendapat dari orang-orang yang kamu pimpin dalam sebuah forum diskusi. Selain itu, jangan sampai kamu nggak paham dengan apa yang dibicarakan lawan bicara cuma karena kamu kurang informasi.

jiwa kepemimpinan

  1. Ikut seminar dan pelatihan kepemimpinan

Teori-teori leadership bisa kamu dapatkan di berbagai seminar dan pelatihan yang sering diadakan di lingkungan kampus. Dengan mengikuti seminar dan pelatihan, kamu bisa belajar langsung dari pembicara-pembicara yang udah teruji kemampuannya dalam hal pemimpin. Setelah itu, kamu bisa menerapkan ilmunya saat berkesempatan memimpin suatu kegiatan atau organisasi.

  1. Aktif dalam kegiatan sosial

Untuk melatih jiwa kepemimpinan, kamu juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan sosial seperti menjadi relawan di desa terpencil, relawan bencana alam, atau aktivis pecinta hewan. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang berbau sosial tersebut akan menumbuhkan rasa empati pada diri kamu.

Seorang pemimpin yang memiliki rasa empati tinggi akan selalu berusaha untuk merasakan apa yang dirasakan karyawannya. Sehingga akan lebih bijaksana dalam membuat keputusan.

Jangan sia-siakan masa kuliah kamu. Lakukan berbagai kegiatan positif dan terapkan cara melatih jiwa kepemimpinan kamu. Pasti akan bermanfaat banget kok untuk masa depan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *