sepatu kulit

Sepatu kulit memang jadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki, terutama untuk para cowok. Dengan menggunakan sepatu kulit, penampilanmu jadi terlihat lebih rapi sekaligus keren, cocok digunakan untuk acara formal. Meski harganya memang relatif lebih mahal, tapi sepadan dengan kenyamanan yang diberikannya.

Agar sepatu kulitmu tetap awet, tentunya kamu juga harus memberikan perawatan yang intensif. Perawatan sehari-harinya nggak sesulit yang dibayangkan dan nggak menyita banyak waktu kok.

Yuk, lakukan 6 tips berikut ini agar sepatu kulit kesayanganmu tetap awet:

sepatu kulit

1 . Usahakan untuk nggak menggunakan sepatu kulit yang sama selama berhari-hari. Ada baiknya kamu menggunakan sepatu lain secara bergiliran. Hal ini supaya sepatu kulitmu bisa ‘beristirahat’ sejenak sekaligus agar kering dari kelembaban.

2. Letakkan sepatumu secara rapi. Kalau kamu meletakkan sepatumu di rak, pastikan penempatan sepatumu sedikit diberi jarak dengan sepatu lainnya. Hal ini untuk menghindari noda baret yang permanen karena bergesekan dengan sepatu lain. Hindari juga penempatan bertumpuk-tumpuk dengan sepatu lainnya.

3. Hindarkan sepatu kulitmu dari kelembaban yang berlebih. Kalau sedang dalam keadaan basah, pastikan untuk segera dikeringkan hingga sempurna. Kamu bisa menggunakan cara dengan memasukkan gumpalan kertas koran kering dan menangin-anginkannya. Jangan keringkan sepatu di tempat panas, karena panasnya bisa menyebabkan bahan kulit kering dan retak.

sepatu kulit

4. Buat sepatumu jadi tahan air. Caranya? Kamu bisa menggunakan spray-on waterproofing yang dijual di beberapa toko sepatu kulit. Spray ini berguna untuk melapisi sepatu kulitmu dari air. Tinggal semprot ke seluruh bagian sepatu, tunggu 30 menit, sepatu kamu jadi tahan air deh. Tapi, ada baiknya untuk nggak menggunakan spray ini terlalu sering, supaya kulit di sepatumu bisa bernafas.

5. Percantik sepatu kulitmu agar warnanya cemerlang dengan rajin menyemirnya.Gunakan semir sepatu yang terpercaya dan nggak merusak agar warnanya terlihat jadi lebih bagus. Jangan lupa untuk cari semir dengan warna yang paling mirip dengan sepatumu ya, dan sebaiknya kamu menyemirnya satu arah agar warnanya terlihat lebih alami.

6. Gunakan pengganjal khusus sepatu untuk mempertahankan bentuk saat sepatu kulit nggak dipakai. Untuk menangkal serangan ngengat dan menyerap kelembaban serta bau, kamu bisa menggunakan bahan pengganjal kayu aras (cedar wood).

Sesekali kamu juga bisa memanjakan sepatu kulitmu dengan membawanya ke jasa perawatan sepatu kulit profesional. Tapi, untuk perawatan sehari-hari, 6 tips di atas udah bakal membantu banget kok.

Simak juga cara membersihkan sepatu kulit di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *