perguruan tinggi swasta

Bukan cuma Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tapi kamu juga bisa menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), lho. Ada banyak pilihan universitas swasta yang bisa kamu tuju setelah lulus SMA di Indonesia.

Sistem pendidikannya nggak jauh beda, kok. Perguruan tinggi swasta di Indonesia semakin tahun pun semakin memperlihatkan kenaikan kualitas yang nggak kalah dengan yang negeri. Status negeri dan swasta cuma menyatakan perbedaan jalur seleksi masuk dan keterkaitannya dengan pemerintah.

Nah, berikut ini ada 10 perguruan tinggi swasta terbaik versi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi yang bisa jadi pilihanmu:
  1. Universitas Islam Indonesia (UII)

perguruan tinggi swasta

Universitas yang berlokasi di Jogja ini adalah PTS tertua di Indonesia yang udah berdiri sejak Juli 1945. Ada 9 fakultas dan puluhan program studi yang bisa kamu ambil. Salah satu program studi yang paling banyak peminatnya tiap tahun adalah Pendidikan Agama Islam.

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

perguruan tinggi swasta

Universitas ini memiliki tiga gedung perkuliahan, satu di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, satu di Pluit, Jakarta Utara, dan satu lagi di BSD City, Tangerang. Kegiatan di kampus ini biasanya berlangsung di gedung yang terletak di Semanggi atau BSD. Sedangkan Fakultas Kedokteran dan rumah sakit milik universitas berlokasi di Pluit.

Bukan cuma di Jakarta dan Tangerang, universitas ini juga mendirikan kampus di Jogja dan Makassar.

  1. Universitas Telkom

perguruan tinggi swasta

Universitas ini adalah gabungan dari 4 lembaga pendidikan, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Mungkin kamu bisa memilih jurusan yang jadi favoritnya, yaitu Teknologi Telekomunikasi.

  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

perguruan tinggi swasta

Awalnya, Atma Jaya Yogyakarta berdiri sebagai cabang dari kampus yang di Jakarta. Pada tahun 1973, kampus ini akhirnya memisahkan diri dan berada di bawah Yayasan Slamet Rijadi sebagai lembaga pendidikan independen. Di sini ada 6 fakultas di jenjang S1 dan 4 program studi magister yang bisa kamu pilih.

  1. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

perguruan tinggi swasta

Setelah Universitas Telkom, Unpar juga masuk dalam deretan perguruan tinggi swasta yang bergengsi. Untuk yang tertarik dengan program studi Ekonomika dan Bisnis, kamu bisa coba memilih fakultas yang paling favorit di sini adalah Fakultas Ekonomi.

  1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

perguruan tinggi swasta

Universitas yang satu ini memiliki gedung yang didominasi warna putih. Karena hal itu, universitas ini jadi populer dengan sebutan Kampus Putih. Universitas ini memiliki tiga gedung perkuliahan yang berlokasi di Jalan Bandung (gedung utama), Jalan Bendungan Sutami dan Jalan Raya Tlogomas. Selain program sarjana dan magister, universitas ini juga membuka program doktoral dan pendidikan profesi.

  1. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

perguruan tinggi swasta

Dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang ada di Indonesia, salah satu universitas terbaiknya ada di Surakarta. Universitas ini membuka kelas dari program sarjana sampai doktoral. Ada 12 fakultas untuk jenjang S1, 10 program pasca sarjana, dan dua kelas doktoral yang ditawarkan.

  1. Universitas Katolik Soegijapranata (Unika)

perguruan tinggi swasta

Universitas yang berada di Semarang ini berdiri di bawah naungan Yayasan Sandjojo yang berafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang. Arsitektur adalah jurusan yang paling banyak peminatnya di antara 21 program studi S1 yang ada. Bukan cuma itu, jurusan Psikologi, Teknologi Pangan, dan Ekonomi pun juga nggak kalah ramai peminat.

  1. Universitas Bina Nusantara (Binus)

perguruan tinggi swasta

Universitas yang ini udah nggak perlu diragukan lagi baik popularitas maupun kualitasnya. Banyak kalangan selebritis dan public figure yang memilih untuk menempuh pendidikan di kampus ini. Universitas ini memiliki lima gedung yang tersebar di wilayah berbeda. Keunggulan yang dimiliki universitas ini adalah ketersediaan program kuliah satu gelar dan gelar ganda (double degree) di setiap jenjangnya.

  1. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

perguruan tinggi swasta

Peringkat ke-10 perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ditempati oleh universitas yang berada di Surabaya, yaitu UK Petra. Universitas ini memiliki program jenjang S1, 4 program magister, dan kelas doktoral teknik sipil.

Gimana, apakah perguruan tinggi swasta yang kamu minati termasuk dalam daftar tersebut? Apakah kamu tahu kalau ada fasilitas pinjaman uang kuliah? Kalau belum, yuk, langsung aja cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *