investasi bitcoin

Pernah dengar soal Bitcoin? Sekarang ini, banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi Bitcoin. Bitcoin adalah mata uang kripto (cryptocurrency), sebuah cara baru untuk mengakses uang di luar sistem keuangan konvensional.

Cryptocurrency merupakan bentuk dari uang digital yang didesain untuk membuat transaksi menjadi sangat aman. Aset digital ini dirancang sebagai medium pertukaran yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol berbagai hal terkait lainnya.

Kenapa orang tertarik untuk melakukan investasi Bitcoin? Selain karena merupakan inovasi yang baru, nilai tukar Bitcoin secara konsisten terus mengalami peningkatan.

Nah, tentunya, ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk investasi Bitcoin, di antaranya:

investasi bitcoin

1. Perhatikan fluktuasi harga Bitcoin

Yang namanya investasi, belum tentu harganya selalu naik terus, pasti ada kalanya menurun. Kenaikan dan penurunan harga Bitcoin bisa terjadi secara drastis. Jadi, kamu perlu memahami kondisi pasar, sekaligus menguatkan hati kamu agar nggak terlalu mudah termakan rumor.

2. Perhatikan keamanan Wallet Bitcoin

Bitcoin disimpan dalam akun yang disebut Wallet Bitcoin (Dompet Bitcoin). Sistem Bitcoin memang aman dari hacking, tapi belum tentu Wallet yang dimiliki aman dari ancaman tersebut. Kamu perlu menggunakan ID dan password Wallet kamu secara hati-hati. Ada baiknya kamu menerapkan verifikasi dua tingkat (kalau penyedia Wallet kamu memiliki fitur ini).

3. Ketahui merchant yang melayani pembayaran dengan Bitcoin

Kamu perlu tahu merchant mana aja di dunia dan di Indonesia yang melayani pembayaran dengan menggunakan Bitcoin. Dengan begitu akan memudahkan kamu dalam memanfaatkan Bitcoin yang kamu miliki, misalnya untuk berbelanja atau jalan-jalan ke luar negeri.

investasi bitcoin

 

 

 

4. Pajak dan regulasi pemerintah

Di Indonesia saat ini memang nggak ada pengaturan Bitcoin secara khusus, tapi bukan berarti ke depannya nanti nggak akan diatur sama sekali. Bisa aja nantinya akan diterapkan peraturan penggunaan yang akan dikenakan pajak dan lainnya.

5. Hati-hati terhadap penipuan

Kalau kamu cuma sekadar ikut-ikutan berinvestasi Bitcoin tanpa memahaminya betul, sebaiknya kamu mempelajari lebih lanjut tentang apa itu Bitcoin dan bagaimana cara memperdagangkannya. Pilih dan pastikan bahwa perusahaan Digital Exchange yang dipilih bukanlah MLM ataupun scam.

Kalau kamu memang tertarik untuk serius melakukan investasi Bitcoin, maka kamu benar-bernat perlu memperhatikan hal-hal yang telah disebut di atas. Pastinya nggak mau dong terjebak di dalam situasi yang nggak diinginkan nantinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *