mendaki gunung

Sekarang ini banyak generasi millennial yang menjadikan mendaki gunung sebagai salah satu hobinya. Mendaki gunung dan menjelajahi alam memang memberikan efek relaksasi yang dapat meredakan stress. Meski begitu, sama seperti kegiatan petualangan lainnya, mendaki gunung pun merupakan aktivitas olahraga yang berat.

Ada beberapa persiapan mendaki gunung yang perlu kamu perhatikan agar petualangan kamu bebas dari hambatan, yaitu:

mendaki gunung

1. Tentukan lokasi dan level mendaki

Nggak semua jalur mendaki itu sama. Kalau ini pertama kalinya kamu mendaki gunung, jangan langsung mencoba lokasi yang tingkat kesulitannya tinggi. Pilihlah lokasi dengan tingkat kesulitan berdasarkan waktu yang kamu miliki, apakah menghabiskan waktu seharian, atau hanya beberapa jam aja.

Carilah lokasi yang santai di sekitar area kamu yang masih bisa ditempuh dan dihabiskan dalam waktu kurang dari satu hari, dan nggak mengharuskan kamu untuk membawa tenda atau baju ganti ekstra.

2. Mendaki sendiri atau dengan teman

Kamu harus menentukan apakah kamu mau melakukan hiking sendiri atau dengan teman (kelompok). Mungkin banyak yang menganggap mendaki sendirian menjadi suatu pelarian untuk mencapai ketenangan batin. Tapi, mendaki seorang diri itu nggak direkomendasikan, sebaiknya kamu memilih mendaki dengan teman.

Misalnya nanti ada 1 orang yang terkena musibah, kamu atau teman kelompokmu bisa turun meminta bantuan, dan sisanya bisa menemaninya sampai ada bantuan datang.

mendaki gunung

3. Cek lokasi dan cuaca

Mengetahui cuaca seperti apa yang diharapkan di lokasi hiking itu merupakan hal yang penting. Dengan mengetahuinya terlebih dulu, kamu bisa mempersiapkan dan mengubah rencana kalau diperlukan. Sebelum mendaki, cek kabar cuaca di internet atau tanyakan pada petugas pengawas di lokasi tentang cuaca hari itu.

Kalau diperkirakan aka nada kabut tebal atau hujan besar, sebaiknya jangan memaksakan naik gunung dan kamu bisa datang kembali di lain waktu.

4. Persiapkan fisik

Berolahraga lah untuk melatih diri sebelum mendaki, karena mendaki gunung itu membutuhkan fisik yang prima. Tubuh kamu akan membakar energy yang besar selama mendaki. Untuk menjamin kebugaran fisik kamu, kamu perlu membangun keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan pada kaki dan otot punggung kamu agar dapat melewati jalur dakian.

Kamu bisa mempersiapkan fisik kamu dengan berolahraga jenis cardio, misalnya lari, yang bisa kamu lakukan minimal seminggu 2 kali.

5. Pilih seorang pemimpin pendakian

Sebelum mendaki, kamu perlu menunjuk seseorang untuk jadi pemimpin dalam pendakian. Kamu bisa memilih temanmu yang paling berpengalaman dan paling bijak dalam membuat keputusan. Hal ini supaya pendakianmu nanti jadi lebih teratur.

mendaki gunung

6. Bawa barang yang diperlukan

Berikut adalah beberapa barang yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung:

  • Bawaan utama: tas carrier, sepatu, jaket, celana gunung, senter atau head lamp, sarung tangan dan kaos kaki, jas hujan, baju untuk perjalanan dan untuk tidur, matras, sleeping bag, tenda untuk kelompok, kantong sampah.
  • Makanan dan minuman: air mineral berukuran besar (1,5 liter dan 600 ml), nasi atau lontong, roti, lauk kering.
  • Obat-obatan: paracetamol, obat diare, obat merah.

Seberapa matang kah persiapan mendaki gunung kamu? Jangan lupa untuk perhatikan hal-hal yang udah disebutkan di atas ya. Kalau butuh perlengkapan mendaki, kamu bisa beli dengan cicilan mahasiswa di CICIL lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *