jurusan kuliah

Sebagai calon mahasiswa baru, para siswa yang baru lulus SMA merasa galau dengan jurusan kuliah yang akan dipilihnya. Nggak jarang juga yang orangtuanya ikut memaksakan kehendak biar anaknya memilih jurusan yang mereka inginkan.

Tapi, ada baiknya jurusan kuliah yang dipilih itu sesuai dengan kepribadian kamu. Hal ini perlu karena tiap orang itu memiliki kepribadian yang berbeda. Kepribadian yang berbeda tentu membuat minat dan bakat yang dimiliki juga berbeda.

Kalau sesuai minat, pastinya proses belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan, kan? Tipe kepribadian bisa dibedakan menjadi 6 sesuai dengan Kode Holland, yaitu teori yang populer di kalangan profesional dalam menentukan karier dan kesuksesan seseorang.

Yuk, langsung aja simak jurusan kuliah yang sesuai dengan masing-masing tipe kepribadian:

jurusan kuliah

  1. Realistic (praktikal)

Orang dengan kepribadian ini biasanya suka dengan kebebasan, persistensi, dan sesuatu yang bersifat praktis dan melibatkan fisik. Tipe ini lebih suka berurusan dengan sesuatu yang konkrit daripada dengan ide atau orang lain. Tipe ini juga suka melakukan kegiatan di luar ruangan, mengoperasikan alat-alat, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Beberapa pilihan jurusan yang sesuai adalah: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Kehutanan, Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Kedokteran Hewan, Arsitektur, dan Ilmu Keolahragaan.

  1. Investigative (pemikir)

Orang dengan tipe kepribadian ini suka dengan hal-hal yang berbau intelektual dan suka bermain dengan logika. Tipe ini suka menganalisis, mengobservasi, dan melakukan sesuatu atas dasar yang jelas. Tipe ini biasanya ahli dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi untuk segala hal. Selain itu, juga penuh rasa ingin tahu dan nggak takut mencoba hal-hal baru yang menarik minat.

Beberapa pilihan jurusan yang sesuai adalah: Kriminologi, Psikologi, Sistem Informasi, Sastra Inggris, Ilmu Ekonomi, Teknik Metalurgi, dan Seni Musik.

  1. Artistic (kreator)

Tipe ini memiliki jiwa kreatif dan orisinalitas sendiri. Orang-orang dengan tipe ini suka menciptakan hal-hal baru, intuitif, penuh imajinasi dan spontanitas, serta ide-ide dan konsep yang kece. Tipe ini lebih suka dengan pekerjaan dalam industri kreatif, untuk mengekspresikan diri secara visual maupun verbal, dan juga mengandalkan perasaan dalam mengerjakan segala hal. Kemampuan komunikasi tipe artistik pun patut diacungi jempol.

Beberapa pilihan jurusan yang sesuai adalah: Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, Desain Interior, Jurnalistik, Teknik Informatika, Arsitektur, dan Teknik Planologi.

jurusan kuliah

  1. Social (penolong)

Orang-orang dengan pribadi ini memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tipe ini suka bekerjasama, berempati, dan berinteraksi dengan orang lain. Rasa sabar dan kepeduliannya pun juara. Tipe ini memiliki kepekaan dan kemampuan interpersoanl yang baik. Selain itu tipe ini juga suka dengan hal-hal berbau humanitarian dan filantropi, serta dikenal sebagai orang yang murah hati.

Beberapa pilihan jurusan yang sesuai adalah: Hubungan Internasional, Hukum, Keperawatan, Farmasi, Psikologi, Sosiologi, dan Komunikasi.

  1. Enterprising (persuasif)

Orang dengan kepribadian ini suka mengatur dan memimpin orang lain. Pribadinya yang dominan membuat tipe ini mendapatkan kepercayaan orang-orang di sekitarnya, dan bisa dengan mudah meyakinkan mereka dengan perkataan atau perbuatan mereka. Tipe ini ahli dalam mengelola suatu kelompok, jadi nggak heran kalau sering ditunjuk menjadi seorang pemimpin. Tipe ini orangnya supel, penuh percaya diri, senang berkompetisi, dan bersemangat.

Beberapa pilihan jurusan yang sesuai adalah: Bisnis, Teknik Industri, Hubungan Masyarakat, Ilmu Pemerintahan, Manajemen Pemasaran, dan Marketing Komunikasi.

  1. Conventional (pengorganisir)

Tipe kepribadian ini biasanya konservatif dan suka dengan pekerjaan yang rutin dan berulang. Orang-orang bertipe ini suka bekerja dengan data, angka, dan mengolah informasi. Tipe ini adalah orang yang suka dengan keteraturan dan kerapihan. Selain itu, juga cekatan, efisien, dan mudah dalam memperhatikan detail. Tipe ini suka dengan lingkungan kerja yang selalu berada di dalam ruangan dengan panduan yang jelas.

Beberapa pilihan jurusan yang sesuai adalah: Statistik, Akuntansi, Manajemen Keuangan, Matematika, Ekonomi, Ilmu Perpustakaan, dan Administrasi.

Apakah pilihan jurusan kuliah di atas sesuai dengan kepribadian dan menarik minat kamu? Yang manapun menjadi pilihan kamu nanti, CICIL siap membantu kamu dalam pembiayaan kuliah sekaligus juga membantu kamu mendapatkan barang-barang perlengkapan kuliah. Caranya gimana tuh? Langsung aja klik di sini atau sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *