utbk 2019

Buat yang mengincar PTN, apakah kamu udah siap menghadapi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) untuk masuk PTN? Sistem ujian yang satu ini memang tergolong baru, karena itu kamu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Agar lebih siap lagi di hari H UTBK 2019 nanti, persiapkanlah beberapa hal berikut ini:
  1. Berlatih menggunakan komputer

Biasakan diri untuk menggunakan komputer atau laptop, terutama buat kamu yang jarang menggunakannya. Kenapa? Karena 100 persen tesnya akan berbasis komputer. Yaa, namanya juga UTBK, kan? Biar lebih oke lagi, berlatihlah mengerjakan soal dengan komputer, biar kamu terbiasa dan nyaman saat ujian nanti.

  1. Nggak perlu khawatir dengan nilai minus

UTBK 2019 memiliki sistem penilaian yang berbeda. Kamu nggak perlu khawatir akan mendapatkan nilai minus kalau memberikan jawaban yang salah. Bedanya untuk lolos skor minimum UTBK, kamu bisa mendapatkan poin yang lebih tinggi kalau kamu mampu menyelesaikan soal yang sulit.

  1. Banyak membaca dan mengerjakan soal-soal HOTS

Nah, menyambung poin 2, sistem yang digunakan itu berbasis soal-soal HOTS (High Order Thinking Skill). Soal tipe HOTS ini akan memberikan bobot penilaian yang lebih tinggi. Menjawab soal tipe ini akan membantu kamu mendapatkan nilai yang lebih baik untuk bekal menuju jurusan yang kamu incar. Soal HOTS ada banyak di internet kok, kalau kamu mau coba latihan.

utbk 2019

  1. Asah kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat

Semakin sering kamu berlatih dan membahas soal-soal HOTS, kamu jadi makin terbiasa menjawab soal dengan cepat dan tepat. Kecepatan mengerjakan soal juga diperlukan, karena akan membantu kamu untuk menyelesaikan banyak soal, terutama TPA (Tes Potensi Akademik).

  1. Tingkatkan rasa percaya diri

Kalau kamu grogi, yang ada malah mempersulit kamu dalam menjawab soal UTBK dengan benar nanti. Karena itu, siapkan rasa percaya dirimu. Percaya aja dengan kemampuanmu dan lakukan yang terbaik.

  1. Persiapkan fisik dan jaga kesehatan

Ujian UTBK ini akan memaksamu untuk siap berlama-lama duduk di depan komputer. Jadi, menjaga kondisi fisik itu penting agar kondisimu fit saat hari H nanti. Biasakan untuk tidur cukup dan nggak memaksakan diri belajar sampai larut malam. Berolahragalah dan minum vitamin agar kamu nggak jatuh sakit.

  1. Hindari kesalahan teknis

Saat proses ujian berlangsung, hindari kesalahan-kesalahan teknis. Misalnya, komputer atau laptop yang nggak terhubung ke listrik, koneksi internet yang putus, atau lupa username dan password.

Pastikan sebelum ujian persiapan-persiapan ini udah matang agar nantinya nggak ada kendala saat proses ujian berlangsung. Semoga sukses dalam UTBK 2019 dan kamu bisa masuk perguruan tinggi yang kamu inginkan, ya.

Begitu diterima PTN yang kamu incar, kamu pun bisa mencoba fasilitas untuk meringankan pembiayaan kuliah kamu nantinya, lho. Klik aja di sini untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *