sistem kebut semalam

Pastinya kamu udah kenal banget dengan sistem belajar yang satu ini, kan? Ya, SKS alias Sistem Kebut Semalam adalah cara belajar dimana mahasiswa biasanya memanfaatkan waktu semalam untuk memahami seluruh materi yang akan diujikan.

Terus, kenapa sih mahasiswa suka menggunakan Sistem Kebut Semalam? Ternyata ada beberapa alasannya, nih:
  1. Malas

Nah, alasan ini adalah yang paling banyak ditemui dalam diri mahasiswa. Pasti ada aja alasan saat ingin mencicil materi setiap harinya. Entah nggak sempat karena mau ketemuan sama teman lah, mau pergi belanja lah, dan lain-lain. Sebenarnya mungkin aja para mahasiswa ini rajin, tapi saat mau belajar mereka nggak bisa menolak godaan yang berdatangan.

  1. Punya segudang kegiatan

Bukan cuma karena alasan malas aja, mungkin ada yang punya kegiatan yang seabrek sehingga terpaksa menggunakan SKS untuk menghadapi ujian. Banyaknya kegiatan organisasi yang diikuti membuat seorang mahasiswa jadi sibuk banget, bahkan di luar jam kampus.

  1. Hobi menunda

Karena sering menunda-nunda waktu belajar, tanpa disadari tiba-tiba waktu ujian udah di depan mata. Kesempatan untuk belajar pun hilang. Kalau udah begitu, mau nggak mau kesempatan terakhir adalah satu malam sebelum ujian datang. Secara nggak langsung, semangat belajar pun bakal muncul semaksimal mungkin.

sistem kebut semalam

  1. Bosan

Rasa malas pasti ada sebabnya. Mungkin ada yang merasa belajar seperti membaca buku atau materi yang begitu banyaknya itu membosankan. Karena itu mereka lebih memilih SKS. Mereka jadi lebih semangat dengan sistem ini dan daya belajarnya pun juga jadi meningkat dibandingkan belajar dengan cara mencicil.

  1. Udah jadi kebiasaan

Saat belajar, mungkin ada yang cepat merasa jenuh dan berpikir “Ah nanti aja lah, kan masih ada SKS”. Nah, kalau tiap belajar kamu begini, yang ada malah jadi kebiasaan untuk menggunakan SKS tiap ujian datang. Kalau udah terbiasa, ya biasanya sulit untuk diubah.

  1. Inspirasi datang saat mepet

Ada yang bilang, inpsirasi jadi banyak berdatangan di saat situasinya udah kepepet. Nah, hal ini juga berlaku buat mereka yang suka dengan sistem SKS.

Gimana dengan kamu nih, Sobat CICIL, apa kamu juga suka menggunakan Sistem Kebut Semalam? Kira-kira, yang mana yang jadi alasanmu, nih?

Tapi perlu kamu ingat, ada baiknya kamu menggunakan sistem ini terlalu sering. Seperti yang udah pernah dijelaskan di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *