ujian

Selain skripsi, mungkin hal lainnya yang ditakuti mahasiswa adalah ujian. Ya, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester memang jadi suatu hal yang menakutkan bagi mahasiswa. Banyak mahasiswa yang IPK-nya jadi jeblok karena nilai ujiannya nggak memuaskan.

Walaupun terkesan mengerikan, kamu tetap harus menghadapinya dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan baik. Gimana caranya?

Berikut tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ujian:

ujian

1. Tentukan target

Tentukan target nilai ujianmu, apakah kamu mau semua nilaimu A, atau membuat patokan minimal dapat C. Target yang jelas akan berdampak pada seberapa banyak usaha yang kamu keluarkan. Kamu harus tahu lebih dulu tentang targetmu, baru setelah itu kamu berusaha untuk mencapainya dengan kerja keras.

2. Komitmen

Setelah menentukan target, tetapkanlah sebuah komitmen untuk dirimu sendiri. Tentukan apa yang akan kamu lakukan kalau targetmu nggak tercapai, misalnya memberikan hukuman untuk dirimu sendiri. Tentukan juga apa yang akan kamu lakukan kalau targetmu tercapai, misalnya memberikan penghargaan untuk dirimu. Dengan berkomitmen, maka kamu dapat mencapai targetmu dengan proses yang baik.

ujian

3. Siapkan jadwal belajar intensif

Siapkan jadwal belajar intensif yang tingkat kesulitannya meningkat seiring mendekati ujian. Kamu bisa coba susun materi yang paling kamu mengerti dan nggak mengerti, kemudian latihlah materi tersebut setiap hari.

Berlatihlah dengan kesulitan yang terus meningkat, misalnya di minggu pertama kamu mengerjakan soal dengan waktu 90 menit, di minggu berikutnya harus lebih cepat yaitu 60 menit. Hal ini dilakukan agar kamu lebih siap menghadapi ujian.

4. Perhatikan silabus dan materi yang akan diujikan

Biasanya, dosen selalu memberikan silabus saat pertemuan pertama, selalu baca dan gunakan itu sebagai acuanmu. Silabus itu ibarat peta yang menuntun kamu pada emas yang berharga. Selain silabus, beberapa dosen juga akan memberikan materi atau kisi-kisi yang akan dijadikan soal untuk ujian.

ujian

5. Bertanya pada dosen

Kalau ada materi yang belum kamu pahami, silabusnya kurang jelas, aatau ingin review materi dan soal, cobalah tanyakan pada dosenmu. Nggak perlu bertanya di kelas, datangi aja mejanya. Dosen pasti nggak akan keberatan kok, karena itu berarti kamu bersungguh-sungguh dalam menghadapi ujian.

6. Gunakan tulisan yang rapi

Dosen akan memeriksa ratusan (bahkan ribuan) jawaban dari mahasiswa. Mudahkanlah pekerjaan mereka dalam menilai dengan menggunakan tulisan yang rapi dan baik. Baca ulang dan hindari hal rancu dari jawaban kamu, terutama kalau soalnya essay. Kalau pilihan ganda, jangan terlalu banyak menggunakan tipe-ex.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi ujian. Nah, apakah kamu udah siap?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *