sbmptn 2019

Tahun 2019 ini, ada 10 jadwal ujian SBMPTN yang bisa diikuti maksimal 2 kali oleh masing-masing peserta. Yang pertama kali harus kamu lewati adalah UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Apakah kamu udah memilih tanggal untuk UTBK?

Kalau udah, simak dulu rincian dua sesi ujiannya:

Sesi 1

07:30 – 08:00 = peserta masuk ruang ujian, pemeriksaan identitas peserta, dan latihan mengisi tes.

08:00 – 11:45 = ujian berlangsung.

Sesi 2

12:30 – 13:00 = peserta masuk ruang ujian, pemeriksaan identitas peserta, dan latihan mengisi tes.

13:00 – 16:45 = ujian berlangsung.

Kamu bisa memilih antara sesi pagi atau sesi siang.

sbmptn 2019

Sedangkan materi yang diujikan adalah:
  1. Tes Potensi Skolastik (TPS): tes untuk mengukur kemampuan kognitif kamu, yaitu kemampuan penalaran dan pengetahuan umum.
  2. Tes Potensi Akademik (TPA): tes untuk mengukur kemampuan akademik sesuai tes yang diambil, yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) yang meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi, atau Sosial dan Humaniora (Soshum) yang meliputi Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah. Soal ujiannya sesuai materi di sekolah dan menekankan pada High Order Thinking Skills. Peserta ujian didorong untuk lebih kritis dan analitis dalam menjawab soal, bukan cuma menghafal.

Saat hari-H ujian nanti, kamu perlu membawa kartu ujian, fotokopi ijazah yang dilegalisir pihak sekolah. Untuk yang lulusan 2019, kamu harus membawa surat keterangan dari sekolah yang berisi data diri, foto terbaru, yang telah disertai tanda tangan sekolah plus cap resmi.

Setelah menjalani UTBK, sekitar 10 hari berikutnya kamu akan mendapatkan hasilnya. Nah, hasil UTBK inilah yang jadi modal utama dalam SBMPTN nanti.

Untuk langkah berikutnya, yaitu:
  1. Ikut SBMPTN dengan periode pendaftaran 10 sampai 24 Juni.
  2. Isi biodata diri di https://sbmptn.ltmpt.ac.id. Tapi, kalau kamu ikut SNMPTN 2019, data kamu udah terekam jadi kamu nggak perlu mengisi ulang. Sebaliknya, bagi yang lulus SNMPTN 2019 maka nggak bisa ikutan SBMPTN.
  3. Pilih program studi dan PTN masing-masing maksimal 2. Kamu bisa memilih dua prodi di PTN yang sama, atau memilih PTN di luar daerah.
  4. Upload dokumen sesuai ketentuan.
  5. Untuk yang memilih prodi seni atau olahraga, tahun ini nggak ada ujian keterampilan. Sebagai gantinya, kamu harus upload portofolio sesuai yang disyaratkan.
  6. SBMPTN diumumkan tanggal 9 Juli pukul 15:00.

sbmptn 2019

Tips UTBK dan SBMPTN 2019
  1. Dalam UTBK pertama dan kedua, kamu akan mengerjakan TPS dan TPA, tapi soalnya tentu berbeda antara hari pertama dan kedua. Belajarlah dari pengalaman mengikuti ujian hari pertama agar hari kedua bisa lebih baik.
  2. Ujian dilakukan dengan komputer dan berlangsung selama 3 jam. Pertahankan kesehatan tubuhmu. Jangan begadang sebelum ujian agar kamu nggak mengantuk besoknya.
  3. Ikut tryout dengan sistem komputer agar kamu terbiasa menjalani tes berbasis komputer.
  4. Hasil UTBK bisa jadi pertimbangan kamu saat akan mendaftar SBMPTN. Kamu bisa memperkirakan keketatan persaingan, tapi nggak ada patokan passing grade. Semua tergantung performa kamu. Kalau boleh saran, pilihlah prodi yang sesuai dengan bakat dan minat kamu.

Kalau ingin lulus SBMPTN 2019 ini, kamu harus memberikan usaha yang terbaik. Kalau kamu nggak lolos SBMPTN, kamu nggak perlu kecewa berlebihan. Kamu bisa mengulang di tahun depan, ikutan seleksi mandiri, atau memilih alternatif kuliah di PTS.

Kalau untuk urusan biaya kuliah, sekarang ini ada berbagai macam pilihan dan bantuan yang bisa meringankan kendala biaya kuliah, lho. Salah satunya yaitu fasilitas ini.

Semoga kamu mendapatkan hasil yang terbaik dalam SBMPTN 2019 ini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *