membersihkan kamar kos

Namanya anak kos, pasti kamu dituntut untuk mandiri. Mulai dari belajar makan sendiri, membersihkan kamar kos sendiri, sampai hal-hal lainnya yang biasanya dilakukan dengan bantuan orangtua atau keluarga.

Nah, kalau kamar kos kamu kotor dan berantakan, pasti kamu nggak bakal merasa betah, kan? Selain itu, kalau kamu membiarkan kamar kosmu dalam keadaan kotor, penyakit pun mudah datang dan bisa membawa dampak yang lebih bahaya.

Karena itu, kamu perlu mengikuti langkah-langkah tepat dalam membersihkan kamar kos ini:
  1. Kenali kamarmu terlebih dulu

Bukan cuma orang yang bisa kamu kenali, tempat tinggal termasuk kamar kos pun perlu dikenali juga. Kenapa? Agar kamu bisa menentukan bagian mana yang perlu kamu bersihkan terlebih dulu. Jadi, kamu nggak perlu mikir lama untuk menentukan hal tersebut. Pilihlah sudut yang terlihat berantakan, dengan begitu kamu nggak perlu lagi membersihkan berulang kali.

  1. Buka ventilasi kamar

Selain untuk pertukaran udara, tentunya debu yang ada di kamarmu akan beterbangan. Karena itu, bukalah ventilasi agar nggak lembab atau pengap. Kalau ada ventilasi di kamarmu, jangan tutup dengan kertas, biarkan udara keluar masuk ke dalam kamarmu.

  1. Kumpulkan sampah pada plastik

Kumpulkan sampah di dalam kamar kos yang masih berserakan dan masukkan dalam satu wadah plastik. Sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir, pastikan kalau seluruh sampah di kamarmu udah kamu kumpulkan dan nggak tersisa.

  1. Bersihkan bagian atas

Bersihkan bagian atas lemari dan langit-langit yang jadi sarang debu dan kotoran. Kalau kamu membersihkan bagian bawah atau lantai terlebih dulu, yang ada kamu jadi kerja dua kali karena adanya kotoran dari bagian atas. Jangan lupa gunakan masker agar kamu nggak bersin-bersin saat membersihkannya.

Kamu bisa coba gunakan pembersih yang satu ini untuk bagian bawah atau lantai, supaya bersihnya lebih maksimal.

membersihkan kamar kos

  1. Kumpulkan pakaian kotor dalam satu tempat

Biasanya, saat mengganti pakaian dalam keadaan terburu-buru, kamu akan meletakkan baju kotormu di mana aja. Kecuali buat kamu yang suka dengan kerapihan dan kebersihan, ya. Sama seperti saat mengumpulkan sampah, kumpulkan pakaian kotormu dalam satu tempat. Setelah kamu cuci dan keringkan, sebaiknya langsung dirapikan dan masukkan ke dalam lemari pakaian.

  1. Sesuaikan perabotan dan atur barang

Kalau di kamarmu ada banyak perabotan dan barang, maka kelompokkan sesuai jenisnya. Misalnya, buku-buku kamu susun pada satu tempat yang lebih rapi seperti rak. Kemudian, pisahkan area buku dengan perabotan lain seperti tempat makan, tas, sepatu, sampai barang-barang printilan. Aturlah barang-barangmu sedemikian rupa agar terlihat enak dipandang.

  1. Pisahkan barang yang sering dan jarang dipakai

Kelompokkanlah barang-barang yang sering kamu pakai dan yang jarang kamu pakai. Agar nggak mengganggu pemandangan, masukkan aja barang yang nggak terpakai ke dalam kardus. Pastikan juga kabel elektronik jangan sampai berantakan di dalam kamarmu.

  1. Manfaatkan ruang dinding yang masih kosong

Kalau rak dan lemarimu udah terisi dan nggak ada lagi space untuk menyimpan barang-barang kecil, kamu bisa gunakan rak gantung untuk di dinding yang masih kosong. Biar nggak terlalu terlihat “penuh”, manfaatkan sebaik mungkin dan nggak perlu berlebihan, ya. Kamu bisa tambahkan beberapa dekorasi untuk kamarmu juga agar terlihat lebih nyaman.

Itulah cara yang tepat untuk membersihkan kamar kos. Yuk, jangan malas dan coba belajar mandiri. Toh ini memang untuk kenyamanan dan kesehatan kamu sendiri, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *