mengatur waktu

Mahasiswa di zaman sekarang memiliki banyak aktivitas selain kuliah. Tiga aktivitas utama mahasiswa pada umumnya adalah kuliah dan berorganisasi, aktivitas pribadi dan teman-teman (me time), dan bekerja. Karena itu, penting hukumnya untuk setiap mahasiswa memiliki kemampuan mengatur waktu (time management).

Time management dan kedisiplinan dibutuhkan banget bagi mahasiswa. Agar nilai kuliah kamu tetap tinggi walau kegiatanmu banyak, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang.

Inilah 6 hal penting dalam mengatur waktu yang perlu kamu perhatikan:
  1. Kenali batasan diri

Karena masih muda, mahasiswa biasanya memiliki semangat ekstra dalam hal apapun. Ada mahasiswa yang mengikuti dua organisasi kampus atau bahkan lebih. Sebenarnya hal itu bagus, karena bisa jadi pengalaman berkomunikasi yang baik untuk kamu. Tapi, buat yang magang atau bekerja sambilan, ada baiknya pilih organisasinya. Kenalilah batasan diri dan fokus pada peran yang udah kamu jalankan.

  1. Kelola waktu

Tubuh manusia didesain untuk mendapatkan istirahat minimal 8 jam sehari. Nah, itu berarti kamu masih memiliki waktu 16 jam per hari untuk dapat beraktivitas. Pandai-pandailah membagi waktu kuliah, kerja, dan waktu pribadi. Batasi diri kamu dari menambah aktivitas, kalau perlu kurangilah aktivitas dan lihat berapa siswa waktu yang bisa kamu gunakan untuk diri sendiri.

  1. Jadikan kuliah sebagai prioritas

Ada mahasiswa yang biasanya setelah mendapatkan kesempatan magang atau bekerja dengan gaji yang terbilang lumayan, malah mengabaikan kuliahnya. Ingat, kuliah adalah prioritas kamu sebagai mahasiswa, dan bekerja adalah aktivitas sampingan. Pastikan kamu tetap fokus dan memprioritaskan kuliah kamu.

mengatur waktu

  1. Miliki kemampuan adaptasi

Kemampuan adaptasi yang baik akan membuat seseorang menjalankan perannya dengan baik. Buat kamu yang multitasker, ada saatnya kamu dihadapkan dengan situasi dadakan seperti pergantian jadwal kuliah, atau meeting dengan klien. Karena itu, kamu perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan bersikap fleksibel. Jadi, kalau kamu dihadapkan dengan posisi itu, kamu bisa melakukan beberapa opsi.

  1. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan waktu

Kalau kamu ingin bekerja atau magang, maka pilihlah pekerjaan yang menawarkan fleksibelitas tinggi. Misalnya, kamu nggak harus ke kantor setiap hari atau bekerja 8 jam sehari. Yang perlu kamu ingat juga, kamu bekerja untuk belajar, bukan untuk mendapatkan gaji besar. Pilih pekerjaan yang memberikan kamu kesempatan untuk belajar banyak, bukan yang menawarkan gaji besar (dan menghabiskan waktu kamu).

  1. Bersantai di hari Minggu

Banyak mahasiswa yang lupa memberi jatah libur pada tubuh, dan memaksakan kegiatan di hari Minggu karena bisa dilakukan secara penuh. Sebaiknya, hari Minggu kamu manfaatkan untuk quality time bagi diri sendiri. Fisik mungkin bisa dikembalikan dengan tidur yang cukup, tapi berbeda dengan mental. Dengan bersantai di hari Minggu, kamu bisa memulihkan kondisi mental setelah hari Senin hingga Sabtu disibukkan dengan berbagai pikiran.

Setelah memperhatikan 6 hal penting dalam mengatur waktu di atas, tentu kamu bisa memahami prioritas dan strategi dalam multitasking, kan? Jadilah orang yang bisa mengatur waktu dengan efektif dan bertanggung jawab atas pilihan dan pekerjaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *