checklist

Masuk di dunia perkuliahan, tentu kamu mendapat banyak pengalaman baru dan juga tantangan yang lebih sulit dari sebelumnya. Termasuk juga dalam mengatur keuangan.

Semakin dewasa, kamu udah harus belajar untuk hidup lebih mandiri, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Nggak mungkin kan kamu terus-terusan bergantung sama orang tua kamu? Karena itu, ada baiknya kamu mulai belajar mengatur keuangan dengan benar mulai dari sekarang.

Berikut cara mengatur strategi keuangan dan checklist keuangan yang kamu butuhkan sebagai mahasiswa:

checklist

1. Buat anggaran pribadi

Anggaran bulanan bisa jadi pedoman bulananmu dalam mengelola keuangan. Buat alokasi pengeluaranmu sesuai dengan pendapatan yang kamu terima tiap bulannya. Taati setiap budget anggaran pengeluaran yang udah kamu atur. Tapi, jangan memaksakan untuk mengeluarkan biaya sesuai dengan budget yang tertera kalau kamu memang nggak perlu mengeluarkannya di bulan tersebut ya.

2. Buat tujuan keuangan pribadi

Dengan adanya tujuan keuangan pribadi, dapat memotivasi kamu untuk menabung serta menghemat pengeluaran bulananmu. Kamu juga perlu memikirkan tujuan keuangan jangka menengah dan jangka panjang.

3. Cari bantuan beasiswa

Kalau kamu udah masuk ke universitas incaranmu, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk mencari informasi mengenasi beasiswa. Kamu bisa mencari informasi mengenai beasiswa kepada kakak senior atau langsung aja ke kantor universitas yang bersangkutan.

checklist

4. Cari kerja sambilan

Kamu dapat membiayai biaya kuliahmu sendiri dengan cara mencari kerja sambilan. Kalau udah mendapatkan pekerjaan yang cocok, kamu bisa mulai bekerja dan mendapatkan pemasukan tambahan. Dari penghasilan tersebut, kamu dapat melunasi biaya kuliah semester dan bahkan kebutuhan perkuliahan yang lain, seperti biaya membeli buku atau biaya fotocopy.

5. Cari tempat tinggal yang dekat dengan kampus

Kalau kamu tinggal cukup jauh dari kampus, pasti kamu merasa berat dengan biaya transportasi yang perlu kamu keluarkan kan? Karena itu, mendingan kamu cari tempat tinggal (kosan) yang dekat dengan daerah kampus. Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya transportasi dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lainnya  yang lebih mendesak.

 

 

Yuk, miliki checklist keuangan dari sekarang, dan jadilah pribadi yang makin mandiri dengan bijak dalam mengelola keuanganmu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *