lulus cepat

Perjuangan menggarap skripsi memang nggak mudah. Mulai dari mencari topik yang pas sampai berjibaku dengan dosen pembimbing pun perlu kamu lalui hingga akhirnya kamu sah menyandang gelar sarjana di belakang nama.

Biar bisa lulus cepat, hadapilah dosen pembimbingmu dengan cara-cara ini:
  1. Atur jadwal pertemuan tiap minggu

Pertama kamu harus menyusun jadwal bertemu dengan dosen pembimbingmu tiap minggunya. Dengan jadwal bertemu yang pasti, kamu pun juga jadi terpacu untuk terus mengerjakan skripsi. Selain menyusun jadwal konsultasi, kamu juga harus membuat komitmen pada diri sendiri kalau seenggaknya kamu membuat kemajuan dengan proses skripsimu tiap kali bertemu dengan dosen tersebut.

  1. Catat jadwal kosong dosen

Catatlah jadwal kosong dari dosen pembimbingmu, karena akan bermanfaat kalau kamu perlu bertemu dengan segera. Kamu nggak akan kelabakan saat butuh bertemu dengan beliau. Mungkin kamu memerlukan tanda tangannya dengan segera atau meminjam buku penunjang skripsi secepatnya.

lulus cepat

  1. Minta referensi buku atau bacaan ke dosen

Selain perpustakaan, kamu juga bisa mendapatkan referensi buku atau bacaan dari dosen pembimbing kamu untuk dijadikan sumber. Kamu bisa coba untuk meminjam dari dosen tersebut. Bukan nggak mungkin beliau memiliki koleksi yang lebih lengkap dari perpustakaan.

  1. Jangan diambil hati kalau kata-kata dosen menyakitkan

Saat berkonsultasi, pasti ada perbedaan pendapat yang terjadi antara kamu dan dosen pembimbing kamu. Mungkin kamu merasa sakit hati karena sudut pandangmu nggak dibenarkan, atau karena dosen tersebut melontarkan perkataan yang agak keras. Apapun kata pedas yang dilontarkan beliau, jangan dimasukkan ke dalam hati.

Anggaplah sebagai cambuk pelecut agar kamu bisa segera menyelesaikan skripsi dan cepat lulus. Toh itu juga bagian dari tugas dosen tersebut untuk mengarahkanmu dalam penyusunan skripsi.

  1. Akhiri tiap bimbingan dengan “terima kasih”

Dosen pembimbingmu tentu memiliki peran yang penting dan besar terhadap gelar sarjana yang kamu dapatkan. Tanpa arahan dan persetujuan dari beliau, yang ada kamu pasti masih berstatus mahasiswa. Bukan cuma kamu yang berjuang menyelesaikan skripsi, tapi dosen pembimbing juga tanpa lelah mengarahkan dan membantu kamu dalam prosesnya. Beliau juga bersedia meluangkan waktu demi memenuhi jadwal konsultasi.

Karena itu, ucapkanlah terima kasih kepada dosen pembimbing kamu pada tiap bimbingan dan pada saat kamu telah berhasil lulus nanti. Nggak ada salahnya juga memberikan cinderamata yang berkesan untuk beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *