instagram

Sejak sistem operasi Android dan IOS digunakan dan jadi terkenal, sekarang ini media sosial pun jadi kebutuhan yang dianggap wajib bagi banyak orang, baik anak muda maupun dewasa. Tiap media sosial punya keunikan masing-masing. Platform media sosial pun makin banyak bermunculan, seperti Instagram, Facebook, Twiter, BBM, Pinterest, Tumblr, dan banyak lagi.

Penggunaan media sosial sekarang bukan cuma terbatas pada berkomunikasi aja, tapi udah merangkap sebagai media bisnis online. Bisnis ini bisa dilakukan siapa aja karena proses pelakasanaannya gampang. Salah satunya media sosial yang sering digunakan untuk mempromosikan produk dagangan adalah Instagram.

Terus, bagaimana cara berjualan online via Instagram? Ini dia tips-tipsnya:
  1. Buat akun khusus berjualan

Hal pertama yang harus dilakukan tentu adalah membuat akun tersendiri khusus untuk berjualan. Kenapa? Kalau kamu gabungkan dengan akun pribadi kamu, yang ada malah akan bikin kamu bingung dan kurang nyaman dalam mengelolanya. Setiap hari kamu akan mendapatkan notifikasi yang nggak bisa disortir apakah itu dari teman atau konsumen.

  1. Pakai foto asli

Kalau kamu pakai kamera ponsel untuk memotret produk daganganmu tapi ternyata hasilnya jelek, ada baiknya kamu pakai kamera saku agar hasilnya lebih bagus dan terkesan profesional. Dengan begitu, orang-orang yang melihat foto yang kamu unggah tersebut menyukainya. Nah, kalau kamu seorang dropshipper, maka nggak ada cara lain selain menghubungi supplier untuk mengirimkan foto.

Kamu juga bisa meminta konsumen yang telah membeli produk kamu untuk memfoto produk yang telah mereka terima. Pastinya ada konsumen yang merasa senang atau segan kalau fotonya diminta. Karena itu, berikan timbal balik yang menguntungkan untuk konsumen tersebut. Kamu bisa memberikan bonus spesial, misalnya pulsa atau hadiah (yang penting nggak memberatkan kamu).

instagram

  1. Follow orang-orang yang aktif berkomentar di akun saingan

Orang-orang yang menjadi follower di akun saingan dan aktif berkomentar atau menyukai tiap postingan dari akun tersebut bisa dibilang udah pernah jadi pembeli. Dengan melihat keaktifan mereka, bukan nggak mungkin kalau akun kamu juga akan diramaikan dengan celotehan mereka yang tertarik dengan produk kamu.

  1. Sabar menjawab pertanyaan

Jangan pernah merasa kesal atau malas menjawab pertanyaan yang dilontarkan konsumen di kolom komentar. Mungkin kamu merasa lelah karena udah menulis keterangan panjang lebar tapi masih aja ada yang bertanya. Mungkin, bahasa keterangan yang kamu tulis nggak mengena di hati calon konsumen, yang membuat mereka bertanya. Nggak masalah kan kalau kamu menjawab pertanyaan mereka?

Itulah tips-tips untuk bisnis online di Instagram. Semoga sukses mengelola tokomu dan bisa meningkatkan profit ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *