kamera prosumer

Pernah mendengar istilah kamera prosumer? Istilah ini berasal dari dua nama, yaitu professional dan consumer. Kamera ini adalah kamera yang udah dilengkapi dengan pengaturan seperti DSLR (yang biasa dipakai fotografer profesional) dan di saat bersamaan juga mudah digunakan seperti kamera pocket (yang biasa dipakai konsumen umum).

Kamera ini awalnya dibuat untuk memudahkan orang-orang yang masih awam dengan pengaturan kamera, agar mereka lebih mengenal beragam setting yang bisa dimanfaatkan saat menggunakan DSLR.

Ciri-ciri kamera prosumer

Kamera ini bisa diatur secara manual, baik aperture, ISO, maupun shutter speed, tapi juga dilengkapi dengan mode auto yang mudah. Prosumer juga dilengkapi dengan lensa yang bisa zoom sampai berpuluh-puluh kali yang mencakup wide angle hingga telephoto.

Nah, dua hal itulah yang membuat kamera ini bisa menjadi solusi all in one. Kamu bisa memotret landscape yang luas sekaligus memotret ekspresi subjek, seperti orang atau hewan.

kamera prosumer

Yang membedakan kamera prosumer dengan DSLR dan Mirrorless adalah soal bisa atau nggaknya lensa diganti-ganti. Lensa pada kamera ini memang udah dibekali dengan zoom yang serba bisa, tapi saat kamu butuh lensa khusus seperti lensa macro, super-wide, atau lensa lainnya yang ingin bokeh banget, kamu nggak bisa mengganti lensa kamera ini ke lensa-lensa tersebut.

Kamera ini juga memiliki sensor yang lebih kecil dibandingkan DSLR dan Mirrorless. Jadi, memang wajar kalau kualitas foto kameranya di bawah performa kamera DSLR dan Mirrorless. Tapi, di sisi lain kamera ini memiliki superzoom yang oke banget, cukup fleksibel, dan serba bisa dengan harganya yang hemat. Seri yang rilis di beberapa tahun belakangan pun dilengkapi dengan sensor yang lebih besar dan mampu menghasilkan foto yang lebih bagus.

Umumnya kelebihan dan kekurangan dari kamera prosumer adalah:

Kelebihan

  • – Harganya terjangkau
  • – Mode auto yang mudah dan akurat
  • – Dilengkapi mode manual untuk fleksibilitas
  • – Lensa zoom yang serba bisa dan wide angle ke telephoto
  • Superzoom
  • – Ukuran dan beratnya lebih kecil dan ringan dibanding DSLR

Keunggulan

  • – Ukuran sensor relatif kecil
  • – Nggak bisa ganti lensa
  • – Aksesoris pelengkap agak sulit dicari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *