kemampuan kognitif

Walaupun sama-sama memiliki otak, manusia tentu berbeda dengan hewan. Manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki otak. Potensi tersebutlah yang disebut dengan kemampuan kognitif.

Kognitif bisa diartikan sebagai kemampuan dalam mengembangkan potensi akal. Beberapa poin tahapannya adalah pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Hmm, pastinya kemampuan ini penting banget buat kamu yang seorang mahasiswa. Yang menarik, kemampuan kognitif itu bisa dikembangkan dan dilatih, lho.

Berikut adalah 6 cara efektif meningkatkan kemampuan kognitif yang bisa kamu coba:
  1. Rajin baca buku

Dengan rajin membaca buku, seseorang secara langsung bisa melatih kemampuan otak mereka. Membaca buku akan menjauhkan kamu dari kepikunan. Memang sih, di era digital sekarang ini membaca buku udah jarang dilakukan karena lebih banyak yang memilih untuk mendapatkan informasi dari internet atau televisi.

Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa mencoba membiasakan diri membaca buku. Selain meningkatkan kemampuan kognitifmu, ada manfaat lainnya lho yang bisa kamu dapatkan, baca aja di sini.

  1. Latih ingatan kamu

Cobalah latih ingatan kamu. Tentunya bukan dengan latihan yang biasa, ya. Cara dari Nelson Dellis, juara lomba mengingat di AS, bisa kamu tiru nih. Pertama, ubahlah potongan informasi membosankan jadi sesuatu yang lebih kreatif dan menarik, pastikan potongan informasi tersebut membentuk sebuah bayangan benda.

Kemudian letakkan bayangan benda tersebut di sebuah tempat yang kamu sukai atau mudah mengingatnya. Misalnya saat kamu berkenalan dengan orang, sebutlah namanya Bayu, orangnya tinggi dan kurus, nah ciri tersebut bisa kamu samakan dengan jerapah. Jadi, saat melihat jerapah kamu akan langsung teringat dengan Bayu. Makin kreatif kamu mengubah potongan informasi, makin mudah kamu mengingatnya.

  1. Berolahraga

Olahraga memang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Kalau tubuh kamu sehat dan bugar, maka sisi kognitif kamu juga bisa terjaga kondisinya. Dengan berolahraga kamu bisa meningkatkan daya ingatmu dan juga meningkatkan mood sehingga kamu bisa berpikir lebih baik.

kemampuan kognitif

  1. Coba meditasi

Meditasi banyak dipilih karena bisa menurunkan tingkat stres dari persoalan kehidupan yang dihadapi. Latihan meditasi yang rutin juga bisa mencegah penurunan kemampuan otak akibat usia yang terus bertambah. Minimal 10 menit per hari, kamu pun akan mendapatkan manfaatnya.

  1. Tidur malam cukup

Tidur yang cukup akan membuat kamu punya pikiran yang lebih tajam saat bangun keesokan harinya. Habis seharian terpakai untuk berpikir, otak pun butuh istirahat. Kalau kamu nggak tidur selama 6-7 jam sehari, maka otak dan tubuh akan menurun kemampuannya. Karena itu, jangan biasakan bermain gadget sebelum tidur dan manfaatkan waktu istirahat kamu sebaik-baiknya.

  1. Kelola stres

Saat kamu merasa stres, maka kemampuan kognitif secara otomatis akan menurun. Mood akan menurun dan bahkan bisa memicu munculnya depresi, sehingga kamu akan mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu hal yang sebenarnya mudah diingat. Ada banyak cara untuk mengelola stres, seperti melakukan meditasi pada poin 4 dan istirahat yang cukup seperti pada poin 5.

Itulah 6 cara untuk meningkatkan kemampuan kognitifmu. Hal yang paling penting adalah kamu perlu menjaga kondisi otak kamu agar tetap sehat. Lakukanlah 6 cara di atas dengan sungguh-sungguh dan konsisten ya kalau kamu mau berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *