boros

Sebenarnya, uang jajan yang diberikan orangtuamu pasti cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Masalahnya, uang jajan berapapun pasti nggak bakal cukup untuk memenuhi semua keinginan kamu, alias boros!

Nah, di sinilah kamu harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Bedakan mana yang prioritas dan mana yang nggak. Karena itu, kamu harus bisa mengelola keuangan dan menabung dengan baik.

Coba deh, lakukan 3 kebiasaan ini biar kamu nggak cepat boros:
  1. Catat transaksi keuangan kamu

Jangan pernah malas untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu tiap bulannya. Sekarang ada cara mudah kok untuk mencatatnya, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pencatat dan pengatur keuangan di smartphone kamu. Beberapa rekomendasi aplikasinya bisa kamu lihat di sini.

Lakukan evaluasi besarnya pengeluaran kamu tiap bulan. Tandai bagian-bagian yang angkanya paling besar, supaya bisa kamu perhatikan lebih lanjut.

boros

  1. Jangan impulsif dalam memutuskan

Biasanya, mahasiswa sebagai anak muda suka nggak mikir panjang saat diajak untuk nongkrong atau nyobain tempat hangout baru. Pasti langsung jawab “iya” begitu diajak. Banyak yang nggak mikir tentang berapa uang yang bakal dikeluarkan dan bagaimana dampaknya terhadap keuangan kamu.

Coba pikir-pikir dulu sebelum menerima ajakan teman. Misalnya, kalau diajak ke festival musik, cari tahu dulu berapa harga tiketnya, siapa aja guest star-nya, dan berapa lama acara berlangsung supaya bisa sekalian menghitung uang makan.

Pokoknya, jangan terlalu impulsif dalam memutuskan sesuatu. Tunda keputusan kamu beberapa menit atau jam, pasti hasilnya beda dibandingkan kalau kamu langsung jawab “iya”.

  1. Percaya pada kemampuan diri sendiri

Setiap manusia dikaruniai dengan kemampuan untuk bertahan dalam keadaan sesederhana apapun. Nah, sebagai anak muda, kamu harus pede kalau kamu pasti bisa menghadapi permasalahan yang kamu alami dengan cara-cara yang kreatif.

Misalnya, kamu harus percaya diri kalau kamu pasti bisa masak nasi sendiri untuk menghemat uang makan. Atau, kamu harus pede beli buku bekas supaya uangnya bisa digunakan untuk membeli yang lain. Intinya, kamu harus percaya dengan kemampuan sendiri. Banyak hal yang bisa diselesaikan tanpa biaya yang besar, kok.

Dengan begitu kamu jadi bebas boros dan bisa menabung lebih banyak, deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *