ngopi

Mahasiswa memang nggak bisa lepas dari banyak tugas kuliah dan organisasi, sehingga mengurangi waktu tidur mereka. Apalagi kalau kamu udah di semester akhir dan lagi menyelesaikan skripsi kamu. Pasti banyak dari kamu para mahasiswa yang begadang malam-malam untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Biar tahan melek, kopi jadi salah satu minuman favorit buat menemani kamu.

Sebenernya, minum kopi itu bagus nggak, sih? Selain bisa bikin mahasiswa tahan nggak tidur berjam-jam, ada yang bilang minuman berkafein ini juga nggak bagus buat kesehatan. Apalagi kalau minumnya kebanyakan.

Biar lebih jelas, yuk kita lihat dulu plus dan minus-nya dari ngopi:

Manfaat minum kopi:

ngopi

1. Kopi ternyata bisa mengurangi resiko terkena Parkinson dan Alzheimer pas kamu tua nanti, bahkan hingga 50-65%.

2. Kopi ternyata juga bisa meningkatkan daya ingat untuk jangka pendek, karena ada zat kimia yang membantu untuk berkonsentrasi terhadap informasi baru, seperti materi kuliah di kelas. Jadi, meskipun lagi capek-capeknya karena kurang tidur, ada kopi yang bisa bantu kamu biar nggak gampang lemot.

3. Sering sakit kepala karena lelah? Kafein pada kopi bisa menjadi pereda rasa sakit, sama seperti obat sakit kepala biasa.

4. Kopi mengandung antioksidan, termasuk vitamin B1, B2, B3, dan B5. Cuma, kamu masih tetap harus makan makanan sehat dan seimbang, jadi nggak cuma mengandalkan kopi untuk kebutuhan nutrisi.

Efek negatif minum kopi:

ngopi

1. Karena bersifat diuretik, kamu bisa gampang dehidrasi kalau minum kopi kebanyakan. Jangan lupa tetap minum air putih sebagai selingan.

2. Nggak cuma rokok, ternyata gigi juga bisa kuning gara-gara kebanyakan ngopi. Selain itu, kopi juga bisa menciptakan karang gigi.

3. Karena kopi bisa bikin kamu melek lebih lama, tidurmu jadi rentan terganggu. Apalagi kalau kamu termasuk sensitif sama kafein. Daripada susah tidur hingga jantung berdebar-debar terus, mendingan jangan banyak-banyak minumnya. Atau kalau nggak mau, nggak usah minum sekalian.

4. Kopi juga bikin kecanduan. Kalau biasanya cukup hanya secangkir, lama-lama kamu nagih lagi hingga nambah jadi dua cangkir, tiga, empat, dan seterusnya.

Jadi, enaknya gimana, ya? Kalau belum terlalu mengganggu kesehatan banget, minum kopi mah, nggak apa-apa. Tapi kalau udah sampai bikin kamu susah tidur, coba kurangi dulu dosisnya atau stop ngopi untuk sementara waktu. Buat yang mau tidur nyenyak, lebih baik jangan minum kopi sekitar empat jam sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *