cuek dengan pemilu

Nggak terasa bulan April tinggal sebulan lagi. Memang ada apa di bulan April?

Di bulan April mendatang, bakal ada pesta demokrasi di Indonesia, alias ajang pemilihan pemimpin bangsa, mulai dari pemilihan presiden, wakil presiden, sampai anggota legislatif. Kamu, sebagai mahasiswa, juga jadi salah satu pemegang hak pilih untuk pemilu nanti.

Mungkin, masih banyak di antara kamu yang cuek dengan pemilu. Apalagi pasti ada rasa malas setelah melihat media sosial yang isinya saling sindir dan serang antara masing-masing pendukung.

Walau begitu, kamu nggak boleh bersikap cuek dengan pemilu ini, karena:
  1. Masa depan bangsa ada di tangan anak muda

Indonesia adalah salah satu negara dengan angkatan anak muda terbesar di dunia. Artinya, sumber daya manusia dengan usia produktif di Indonesia memiliki jumlah yang besar. Sebagai anak muda, masa depan bangsa ini ada di tangan kamu, karena itu kamu nggak boleh bersikap cuek. Generasi terdahulu perlahan akan berganti dengan jiwa muda, sekaranglah waktunya kamu ikut serta memajukan bangsa dan negara.

  1. Menjunjung nilai demokrasi

Pemilu adalah salah satu cerminan dari demokrasi. Dalam pemilu, rakyat bisa memilih secara langsung para calon yang mereka anggap pantas dan mampu memimpin negara ini. Dengan ikut berpartisipasi dalam pemilu, maka kamu udah menjadi bagian dari masyarakat yang menjunjung tinggi demokrasi.

cuek dengan pemilu

 

  1. Bagian dari rasa cinta terhadap tanah air

Dengan bersikap peduli dan turut serta dalam pemilu, maka kamu udah menunjukkan rasa cintamu terhadap tanah air. Kenapa? Karena, sebagai generasi muda, kamu udah peduli dengan dunia politik negara ini yang begitu rumit, dan peduli dengan masa depan tanah air tercinta.

  1. Melakukan perubahan dengan aksi nyata

Pemilu adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukan perubahan bagi bangsa lewat aksi nyata. Sebagai anak muda, apalagi kalau pemilih pemula, inilah saatnya kamu jadi bagian dari perubahan tersebut. Gunakan hak pilihmu sesuai kata hati. Tapi, tugasmu pun bukan cuma sekadar memilih aja, lho. Kamu pun perlu turut mengawasi, apakah pemimpin bangsa yang kamu pilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

  1. Memberi kesempatan pada calon untuk memimpin bangsa

Negara Indonesia adalah negara yang besar. Karena itu, dibutuhkan orang-orang yang bijak dan berkompeten untuk bisa memimpin bangsa. Nah, pemilu adalah sarana untuk memilih calon potensial bagi mereka yang layak mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara. Pastikan kamu memilih calon yang menurut kamu mampu, dan nggak cuma mengumbar janji belaka.

Itu dia alasan kenapa kamu, sebagai generasi bangsa, nggak boleh bersikap cuek dengan pemilu yang akan datang nanti. Jangan lupa, ada beberapa hal yang harus dan juga nggak boleh kamu lakukan dalam menyikapi pemilu yang bisa kamu baca di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *