tanggal merah

Di tahun 2019 ini, ada total tanggal merah sebanyak 20 yang bisa kamu manfaatkan. Selain hari libur nasional, ada juga cuti bersama yang udah ditentukan oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Karena sebentar lagi memasuki bulan Maret, yuk, kita lihat ada tanggal merah apa aja mulai bulan Maret hingga Desember 2019 ini:

Maret

Bulan Maret mungkin adalah bulan yang tepat kalau kamu mau berlibur sejenak ke Bali. Kenapa? Karena Liburan Tahun Baru Saka 1941 jatuh pada tanggal 7 Maret 2019. Pada tanggal 7 Maret nanti, suasana di Bali pasti bakal terasa spesial dengan perayaan Nyepi-nya.

April

Di bulan April, kamu akan bertemu dengan 2 tanggal merah. Yang pertama adalah Isra Mi’raj pada tanggal 3 April, dan yang kedua jatuh pada tanggal 19 April untuk memperingati Jumat Agung. Pada saat Jumat Agung kamu bisa dapat libur panjang lho, karena bertepatan pada hari Jumat.

Mei

Nah, di bulan Mei nanti bakal ada banyak hari libur nih. Ada tiga tanggal yang perlu kamu ingat, yaitu Hari Buruh yang jatuh pada hari Rabu tanggal 1 Mei, Hari Raya Waisak 2563 pada tanggal 19 Mei, dan perayaan Kenaikan Isa Almasih pada hari Kamis tanggal 30 Mei. Selain hari libur, kamu yang beragama Islam juga bakal mulai berpuasa antara tanggal 5 atau 6 Mei.

Juni

Bulan Juni nanti adalah waktunya banyak orang pulang kampung dalam rangka memperingati Idul Fitri 1440 Hijriyah. Tanggal merahnya ditetapkan pada tanggal 5-6 Juni, dan ada juga cuti bersama pada tanggal 3-4 Juni. Bukan cuma Idul Fitri, di tanggal sebelumnya, yaitu 1 Juni yang jatuh pada hari Sabtu, adalah hari untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

tanggal merah

Agustus

Di bulan Agustus ada dua tanggal yang sayangnya nggak begitu berpengaruh banyak. Lho, memang kenapa? Kedua tanggal itu jatuh pada hari Sabtu dan Minggu. Yang pertama adalah Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus, dan yang kedua adalah perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-74 pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus.

September

Wah, bulan ini mungkin agak tega nih. Tanggal merahnya cuma ada satu, udah gitu jatuh pada hari Minggu pula. Di tanggal 1 September nanti, orang-orang yang beragama Islam akan memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah.

November

Bulan November pun tanggal merahnya kembali hadir pada saat weekend lagi. Maulid Nabi Muhammad SAW bertepatan pada hari Sabtu tanggal 9 November.

Desember

Di bulan Desember, tepatnya pada tanggal 25 Desember yang jatuh pada hari Rabu, para umat Kristiani akan merayakan Hari Raya Natal. Nah, yang spesialnya lagi, pihak pemerintah juga memberikan cuti bersama pada tanggal 24 Desember, yang banyak disebut juga Christmas Eve.

Itulah tanggal merah dari bulan Maret hingga Desember yang udah ditetapkan untuk kalender tahun 2019 ini. Sayangnya, di bulan Juli dan Oktober nggak ada tanggal untuk berlibur sama sekali. Jadi, sabar-sabar aja ya menghadapi dua bulan tersebut, hehe.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *