cicilan 0%

Sebagai mahasiswa, mungkin saat ini kamu belum kepikiran buat apply kartu kredit.

Selain belum punya pekerjaan tetap, persyaratan untuk memiliki kartu kredit juga pasti terasa berat kalau kamu masih dibiayai oleh orang tua. Walau gitu, setiap jalan-jalan di mall atau lihat banner di depan toko ada tulisan “Cicilan 0%” yang mungkin akan membuat kamu tergoda. Kamu mungkin punya pikiran kalau cicilan 0% itu artinya kamu bisa membeli produk mahal dengan cicilan seperti beli pakai cash, tanpa bunga sama sekali.

Nah, sebelum tergoda dengan pemikiran itu, ada beberapa fakta di balik cicilan 0% yang perlu kamu ketahui:

cicilan 0%

1. Tagihan di kartu kredit berubah

Saat membeli barang dengan promo cicilan ringan 0%, maka tagihan di kartu kredit akan berubah. Misalnya: kamu beli ponsel seharga 12 juta rupiah dengan program cicilan ringan 0% dari kartu kredit kamu. Lalu, kamu mau menggunakan periode cicilan selama 12 bulan. Maka, jumlah tagihan kamu setiap bulan adalah 1 juta rupiah, yang harus kamu lunasi dalam waktu 12 bulan.

2. Nggak ada cashback atau point rewards

Biasanya kalau dalam transaksi kartu kredit ada cashback atau point rewards. Misalnya: membeli produk A dengan bunga sekian persen akan mendapatkan 2 poin. Jumlah poin yang terkumpul setelah belanja beberapa kali (misalnya: sampai 10 poin), nantinya akan berhadiah produk tertentu. Nah, hal ini nggak berlaku dengan kredit bercicilan 0%. Karena cicilan 0% sendiri sudah dianggap sebagai bonus oleh bank.

cicilan 0%

3. Ada biaya administrasi

Walaupun cicilannya 0%, tapi kartu kredit juga tetap butuh biaya administrasi. Biasanya, biaya administrasi sekitar 3% per transaksi. Besarnya juga tergantung bank penerbit kartu kredit dan jenis kartu kredit yang dikeluarkan.

4. Nggak menutup tagihan cicilan kartu

Kalau cicilan belum lunas, tagihan kartu kredit pun nggak akan tertutup. Bahkan, kalau kamu ingin melunasi lebih awal, yang ada kamu malah kena biaya penalti.

Berhubung mahasiswa belum punya gaji tetap seperti pekerja dan histori kredit di bank yang membatasi akses untuk punya kartu kredit, lebih baik manfaatkan CICIL yang nggak perlu kartu kredit. Kalau kredit bercicilan 0% hanya bisa sampai 12 bulan, dengan CICIL kamu bisa memperpanjang cicilan hingga 24 bulan dengan sistem margin. Yang pasti sesuai kebutuhan dan kemampuan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *