sering lemot

Kamu pengguna laptop yang aktif? Sering merasa jengkel karena laptop kamu sering lemot? Tenang, ada beberapa cara untuk mengatasinya kok.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang sering lemot:
  1. Pakai antivirus

Salah satu penyebab yang membuat kerja suatu perangkat elektronik melambat adalah virus. Karena itu, gunakanlah aplikasi antivirus untuk mengatasi virus-virus yang menyerang laptop-mu. Gunakan dengan semestinya ya, karena penggunaan aplikasi yang berlebihan dan terlalu banyak pun juga bisa membuat laptop kamu lemot.

  1. Uninstall aplikasi

Punya banyak aplikasi di laptop? Mending kamu mulai pilih dan hapus aplikasi-aplikasi yang udah jarang kamu gunakan. Kenapa? Karena terlalu banyak aplikasi di laptop membuat kapasitas penyimpanan di drive C penuh dan membuat sistem jadi lama membaca harddisk. Terlalu banyak aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerjanya menurun.

  1. Buka aplikasi secukupnya

Membuka aplikasi secara berlebihan atau sekaligus juga perlu kamu hindari, karena akan memaksakan kinerja RAM. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang dimiliki. Atau, aktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat kamu menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

sering lemot

  1. Bersihkan desktop

Menaruh banyak aplikasi di bagian desktop juga membuat laptop lemot dalam merespon perintah dari user. Perhatikan juga aplikasi yang berjalan saat laptop sedang dalam keadaan aktif startup. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena aplikasi tersebut sebenarnya sedang working in background, sehingga diam-diam memakan kapasitas RAM.

  1. Bersihkan drive C

Kalau laptop usianya udah tua (biasanya di atas 3 tahun), kinerjanya biasanya menurun. Karena itu, lakukanlah pembersihan drive C. Lakukan juga uninstall program dan aplikasi yang memberatkan kinerja laptop untuk memperbaikinya.

  1. Reset ulang Windows

Usia laptop yang tua bukan cuma mempengaruhi kinerja hardware-nya aja, tapi juga software. Karena itu, kamu perlu me-reset atau install ulang software yang digunakan. Atau, kamu bisa mengganti software yang sebelumnya untuk meningkatkan kinerja perangkat laptop.

  1. Tambah kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop yang sering lemot lainnya ada pada penambahan RAM. Tapi, kamu juga perlu memperhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, RAM DDR3L, atau RAM DDR4), dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

  1. Gunakan cooling pad

Laptop yang terlalu panas bisa membuat kinerja laptop tersebut melambat. Karena itu, kamu bisa menggunakan cooling pad saat menggunakan laptop. Cooling pad berfungsi untuk menjaga suhu laptop agar nggak terlalu panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *