karakteristik

Hidup seorang mahasiswa sebenarnya berada dalam masa transisi, dimana kamu sedang menuju kehidupan pekerjaan dan dituntut untuk mulai mengatur keuangan secara mandiri sekaligus mempersiapkan masa depanmu.

Salah satu hal yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan keuangan masa depanmu adalah dengan berinvestasi. Makin cepat kamu berinvestasi, makin banyak juga waktu bagi uangmu untuk bertumbuh. Kalau kamu cerdas dalam melakukannya, kamu bisa memperoleh banyak keuntungan, lho.

Tapi, mungkin banyak di antara kamu yang merasa bingung untuk memulainya dan memilih jenis investasi apa yang cocok. Apalagi dengan banyak jenis investasi yang tersedia sekarang ini.

Nah, kamu bisa melihat jenis investasi apa yang cocok dengan karakteristik kamu sebagai mahasiswa di sini nih:

karakteristik

Investasi buat mahasiswa yang cari aman

Cari aman di sini bukan dalam artian yang buruk lho. Investasi terkadang memang lebih baik dijalankan dengan kepala dingin. Ada baiknya kamu nggak terlalu fokus pada suatu hasil berdasarkan keberuntungan atau hoki. Fokuslah untuk belajar mengelola profit (untung) dan loss (rugi) dengan benar dan jadi seorang trader yang profesional.

Nah, inilah investasi yang cocok untuk tipe mahasiswa yang cari aman:

  1. Obligasi
  2. Reksa dana

Investasi buat mahasiswa yang santai

Tipe mahasiswa ini adalah tipe yang nggak terburu-buru dan punya modal, dimana modal tersebut merupakan uang dingin (idle money). Nah, ada baiknya uang tersebut diinvestasikan daripada sayang didiamkan begitu aja. Kalau kamu salah satu mahasiswa yang santai yang nggak terburu dengan hasil, kamu bisa coba investasi berikut ini:

  1. Deposito
  2. Emas

Investasi buat mahasiswa yang tancap gas

Kalau kamu punya pertanyaan “Jenis investasi apa ya yang bisa memberikan pengembalian besar dalam jangka waktu yang pendek?”maka kamu termasuk tipe mahasiswa yang tancap gas. Maksudnya, kamu tipe yang nggak sabar ingin dapat keuntungan dan ingin investasi yang pergerakannya cepat. Nah, jenis investasi yang cocok buat kamu berarti ini nih:

  1. Saham
  2. Forex

Itulah jenis-jenis investasi yang bisa kamu cocokkan dengan karakteristik kamu. Ingin mempelajarinya secara lebih lanjut biar lebih mantap? Kamu bisa baca artikel ini atau ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *