masalah finansial

Di zaman yang serba modern sekarang ini, kamu harus pintar mengelola keuangan kamu. Kalau nggak punya keahlian dalam mengelola keuangan, yang ada kamu jadi kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan nantinya.

Karena itu, penting buat kamu para generasi Milenial untuk dapat mengatasi masalah finansial yang sering terjadi. Di usia yang muda, wajar kalau kamu sering terpengaruh teman atau lingkungan sekitar. Nggak heran kalau kamu jadi sering mengalami masalah finansial karena pengaruh-pengaruh tersebut.

Nah, untuk mengatasinya, ikuti beberapa tips mengatasi masalah finansial untuk generasi Milenial berikut ini:
  1. Siapkan dana simpanan untuk keperluan darurat

Masa depan nggak ada yang bisa menebak. Suatu hal yang nggak direncanakan dan di luar kendali bisa terjadi kapan aja dalam sekejap mata. Misalnya, kamu jatuh sakit dan harus dirawat, pasti membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar.

Biaya tersebut merupakan pengeluaran yang nggak terduga, kemungkinan terburuk adalah kamu terpaksa menjual barang yang kamu miliki untuk mengatasinya. Nah, karena itulah, memiliki dana darurat jadi hal yang penting. Kamu perlu membuat rencana tabungan dimana kamu bisa menyetor sebagian uang bulanan kamu ke rekening tabungan yang terpisah (kalau kamu punya lebih dari satu rekening), atau menyimpan uang tersendiri.

  1. Periksa jumlah uang di rekening secara berkala

Periksa jumlah tabungan yang kamu miliki secara rutin. Hal ini agar kamu bisa mengetahui berapa banyak yang yang bisa kamu belanjakan, tapi tetap dengan menyisihkan sebagian agar saldo rekening nggak dalam keadaan kosong.

Buatlah target jumlah uang yang harus ada pada rekening tabungan tiap bulannya. Dengan begitu, kamu jadi lebih bersemangat untuk menabung secara rutin dan menyisihkan setiap uang yang digunakan. Kamu juga jadi bisa lebih menahan diri dengan membelanjakan uang hanya untuk barang-barang yang dianggap penting aja.

masalah finansial

  1. Manfaatkan teknologi

Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa membantu dalam urusan finansial. Beberapa aplikasi tersebut akan membantu kamu dalam mengkategorikan kebiasaan belanja kamu, mengatur anggaran, dan mengelola pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu jadi bisa menghemat uang tiap bulannya.

Beberapa aplikasi keuangan yang bisa kamu coba bisa kamu baca di artikel ini.

  1. Berinvestasi

Investasi bisa kamu anggap sebagai tabungan jangka panjang. Keuntungan yang didapatkan bisa kamu rasakan di kemudian hari. Ada banyak sektor yang bisa kamu coba untuk menginvestasikan sebagian uang kamu. Tiap sektor menawarkan jumlah keuntungan dan jangka waktu yang berbeda-beda. Salah satunya adalah investasi deposito.

  1. Ikut kursus mengelola keuangan

Untuk mengelola keuangan diperlukan pengetahuan khusus. Tanpa pengetahuan yang mencukupi, kamu mungkin nggak bisa mengelola keuangan dengan baik. Sekarang ini ada banyak lembaga yang mengadakan kursus dalam mengatur keuangan. Dalam kursus-kursus itu, kamu bisa mendapatkan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk bisa mengatur keuangan dengan baik.

Itulah 5 cara yang bisa para generasi Milenial lakukan dalam mengatasi masalah finansial. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *