cara berpikir kritis

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pasti kita akan dihadapkan dengan suatu permasalahan, pilihan, kesimpulan, dan lain sebagainya. Karena itu, kemampuan untuk berpikir secara kritis pun dibutuhkan agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Berpikir kritis akan menguntungkan untuk menghadapi segala situasi dan permasalahan, asalkan kamu udah terbiasa berpikir secara demikian.

Terus, gimana cara untuk memiliki kemampuan tersebut? Berikut tahapan dan cara berpikir kritis untukmu:
  1. Kenali masalah

Cara berpikir kritis yang pertama adalah mengenali masalah yang dihadapi. Masalah bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor psikologis, keluarga, teman, dan lingkungan. Kemampuan untuk mengatasi masalah itu dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing individu, dukungan orang lain, dan pemikiran yang positif.

Mengenali masalah yang dihadapi adalah hal yang penting. Kamu perlu memahami diri kamu, masalah apa yang sedang dihadapi, apa dampaknya padamu dan orang lain, dan bagaimana posisimu dalam masalah tersebut. Setelah mengetahui masalah kamu, ada baiknya kamu nggak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan dan berpikir kritis dalam memecahkannya.

  1. Tentukan prioritas

Tiap orang pasti memiliki kebutuhan hidup dan masalah masing-masing. Ada baiknya kamu bisa menentukan prioritas dalam hidup kamu. Misalnya, apa yang ingin kamu capai dalam kehidupanmu, baik mimpi atau cita-cita, kemudian berikan deadline untuk targetmu tersebut.

Tentukan target dan urutkan target-target tersebut dalam skala prioritas yang jelas. Lakukan target yang ingin kamu capai sesuai dengan urutan prioritas yang telaha kamu tentukan tersebut.

  1. Kumpulkan informasi

Kamu perlu mengumpulkan banyak informasi dalam hal apapun, karena nantinya informasi tersebut akan bermanfaat untuk kamu. Jangan pernah membatasi pengetahuan kamu dan usahakan untuk memperkaya dan memperluas pengetahuan kamu. Caranya? Ya dengan memperbanyak informasi.

Informasi dapat kamu peroleh dari mana aja, bisa dari buku, internet, studi lapangan, jurnal, dan lainnya. Makin banyak informasi, makin banyak pula pengetahuan kamu, sehingga kamu nggak akan mudah tertipu, mampu menganalisa dengan baik, dan bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan fakta yang ada.

cara berpikir kritis

  1. Kenali persepsi yang muncul

Dalam suatu keadaan akan ada banyak pendapat dari berbagai orang. Saat mendapatkan suatu informasi, jangan langsung terima begitu aja dan menganggapnya sebagai kebenaran. Selalu analisa informasi tersebut, tambahkan dengan berbagai pengetahuan yang kamu miliki sebagai bahan pertimbangan agar kamu nggak salah menerima persepsi orang lain (yang mereka anggap benar).

Kenali dulu persepsi yang muncul, dan berikan sedikit perasaan nggak percaya terhadap persepsi tersebut. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari kebiasaan menerima dan mempercayai persepsi orang lain dengan mudah.

  1. Analisa data

Biasakan untuk menganalisa data-data dan informasi-informasi yang kamu dapatkan. Kaitkan segala informasi yang kamu terima dengan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Buat keputusan

Yang terakhir adalah kamu perlu menyempurnakan tahap 1-5 dengan tahapan terakhir, yaitu mampu mengambil kesimpulan serta membuat keputusan. Kalau kamu terbiasa berpikir kritis, keputusan yang kamu buat akan membantu orang lain, jadi penyelesaian suatu masalah, dan jadi jalan keluar yang terbaik.

Karena pemikiran kamu adalah pemikiran yang kritis, kreatif, informatif, penuh ide, serta inovatif, kamu pun jadi terbiasa dengan ide-ide baru yang muncul serta peka terhadap peluang-peluang yang ada dalam setiap kesempatan.

Itulah 6 tahapan dan cara berpikir kritis yang perlu kamu ketahui dan tanamkan dalam dirimu. Ketahui juga manfaat dari berpikir kritis di artikel ini. Semoga semuanya bisa kamu lakukan dengan lancar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *