mengumpulkan dana darurat

Punya dana darurat itu penting sebagai antisipasi terhadap hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Masa depan itu nggak ada yang tahu, bisa aja ada musibah yang datang menimpa seperti jatuh sakit dan harus dirawat di RS, kecelakaan, atau yang lainnya. Kalau sampai terjadi, adanya dana darurat penting banget sebagai sumber keuangan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Kalau kamu belum punya dana darurat, ada 4 cara mudah dan jitu dalam mengumpulkan dana darurat nih:
  1. Mengelola pengeluaran

Periksalah dan kelola ulang pengeluaran kamu selama ini. Buatlah list apa dan ke mana aja uang kamu terpakai secara rinci beserta jumlahnya. Biar lebih mudah, buatlah pos-pos pengeluaran dan masukkan berbagai jenis pengeluaran tersebut ke dalam kategori yang cocok.

Setelah itu, lakukan review pengeluaran apa aja yang dianggap terlalu besar, nggak terlalu penting, atau alasan lainnya. Misalnya, pengeluaran untuk makan karena ikut-ikutan trend, atau belanja baju yang impulsif. Kurangi atau hapus pos pengeluaran yang bisa dieliminasi tersebut.

  1. Kurangi pengeluaran terbesar

Lho kok, pengeluaran terbesar malah harus dikurangi? Bukannya biasanya berarti itu pengeluaran yang penting? Justru dengan mengurangi pengeluaran terbesar, kamu jadi bisa lebih berhemat dan mengalihkan dana ke simpanan untuk keadaan darurat.

Misalnya, pengeluaran terbesar kamu adalah yang berhubungan dengan mobil, dari uang bensin sampai perawatan. Kamu bisa mengambil opsi untuk menggunakan kendaraan umum dalam kegiatan sehari-hari, seperti berangkat dan pulang kuliah.

mengumpulkan dana darurat

  1. Cari penghasilan sampingan

Cobalah cari penghasilan di samping kuliah. Mengumpulkan uang hanya dengan berhemat tentu akan sulit dilakukan, karena itu cara ini adalah cara yang cukup efisien. Kamu bisa mulai mencari penghasilan sampingan dari hal-hal yang ada di sekitar kamu. Bisa dari proyek sampingan, pekerjaan sambilan, atau menawarkan jasa dari keahlian kamu. Atau kamu bisa cari inspirasi dari artikel ini.

  1. Jual barang yang nggak terpakai

Coba lihat isi rumah, kamar, dan lemari kamu, pasti ada barang yang masih bagus tapi udah nggak kamu gunakan. Nah, daripada numpuk, mending kamu jual aja barang-barang tersebut dan jadikan sebagai uang tambahan untuk dana darurat. Sekarang ini udah banyak toko online yang menyediakan fasilitas jual beli barang nggak terpakai, kok. Jadi, kamu nggak perlu lagi repot-repot mencari tempat untuk menjualnya.

Itulah 4 cara mudah dan jitu untuk mengumpulkan dana darurat. Mungkin agak sulit dan membutuhkan waktu untuk mengumpulkannya, tapi usaha yang kamu lakukan pasti akan membuahkan hasil nantinya. Nah, karena itu, yuk mulai mengumpulkan dana darurat dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *