cara startup

Membangun sebuah startup itu memang bukan hal yang mudah. Untuk mencapai kesuksesan, pelaku startup harus melewati berbagai rintangan yang menghalangi. Nggak sedikit juga startup yang mengalami kegagalan. Tentunya, untuk membangun sebuah startup, seorang pelaku startup harus mempersiapkan banyak hal, baik mempersiapkan keahlian, modal, waktu, dan bahkan mental.

Salah satu faktor penting untuk membangun bisnis startup menjadi besar dan maju adalah dana investasi dari para investor. Tapi nggak semua startup dapat memperoleh investor dengan mudah, karena terhalang sarana atau platform yang menjembatani bertemunya startup dengan investor.

Adapun cara startup untuk menunjukkan bisnis mereka potensial sehingga dapat menarik investor adalah:

cara startup

1. Mempresentasikan role bisnis dengan detail

Para pelaku startup memberikan role bisnis mereka kepada investor dengan jelas dan menguntungkan. Mereka juga harus memahami setiap bagian dari sistem kerja usaha rintisan mereka. Kenapa? Karena hal tersebut menjadi tolak ukur bagi investor untuk mengukur kesiapan pelaku startup untuk menghadapi hambatan, dan mengukur optimisme mereka dalam melihat peluang.

2. Transparansi laporan keuangan perusahaan

Sebelum mengajukan permohonan dana dari investor, biasanya pelaku startup memastikan bahwa perusahaan mereka nggak bermasalah dengan dana. Cara membuktikannya adalah dengan menunjukkan cash flow perusahaan mereka. Cash flow yang sehat pastinya bakal menarik investor untuk mendanai usaha rintisan tersebut.

3. Mengenali kebutuhan perusahaan

Untuk menarik investor, seorang pelaku startup harus mengenali kebutuhan dan tujuan dari perusahaan yang dimilikinya. Agar bisa mendapatkan calon investor yang pas dan sesuai dengan mereka.

cara startup

4. Melakukan riset kepada investor

Mempelajari dan meneliti investor dapat membuat seorang pelaku startup lebih memahami faktor-faktor penting yang bisa dijadikan sebagai jurus untuk menarik investor yang mereka incar. Selain itu, dengan melakukan riset seorang pelaku startup juga dapat mengetahui trik untuk menjaga hubungan baik dengan investor, agar mereka selalu ingin mendanai usaha rintisan tersebut.

5. Menyesuaikan visi dan misi perusahaan

Seorang pelaku startup perlu menjabarkan visi dan misi mereka dengan jelas di hadapan calon investor. Dengan begitu, investor menjadi yakin untuk mendanai usaha rintisan mereka.

Itulah 5 cara startup menarik investor untuk mendanai perusahaan mereka. Investor menanggung resiko yang sangat besar dalam mendanai suatu perusahaan startup. Karena resiko besar yang ditanggung mereka tersebut, tentunya mereka bakal sangat teliti dalam menginvetasikan dananya tersebut, dan mereka juga mengharapkan hasil yang besar dari startup yang mereka danai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *