lemot

Di era digital ini, laptop adalah salah satu benda yang jadi kebutuhan primer. Memang, dibandingkan dengan komputer, laptop tergolong lebih praktis karena mudah dibawa ke mana-mana.

Walaupun lebih praktis dari komputer, laptop pun bisa jadi lemot. Kalau kamu pengguna yang aktif, pasti kamu sering merasa kesal kalau laptop kamu udah mulai ‘berulah’. Mungkin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang membuat laptop jadi lemot begitu?

Inilah beberapa hal yang menyebabkan laptop kamu jadi lemot:
  1. Harddisk penuh

Kamu menyimpan banyak data dalam laptop-mu? Bisa jadi itu salah satu faktornya. Kalau harddisk-mu udah hampir penuh mencapai 95 persen, maka besar kemungkinannya laptop kamu kerjanya melambat.

  1. Harddisk udah terlalu lama

Kalau harddisk kamu udah lama, maka kamu perlu menggantinya. Jangan salah, harddisk itu juga punya batasan usia. Harddisk yang udah tua, akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan.

  1. Ukuran RAM kecil

Besarnya RAM akan mempengaruhi kecepatan kinerja laptop kamu. Kalau RAM-nya kecil tentu kerjanya akan disesuaikan dengan kapasitas RAM tersebut.

  1. Banyak menjalankan aplikasi sekaligus

Sebagai mahasiswa, pasti kamu sering membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Buka Microsoft Office untuk mengetik, buka Spotify untuk mendengarkan lagu sambil ngetik, buka browser, semua kamu lakukan sekaligus. Pastinya hal itu menyebabkan kerja laptop-mu makin lama karena terbatasnya RAM.

  1. Banyak membuka tab browser sekaligus

Nah, udah sering buka aplikasi banyak sekaligus, ternyata kamu juga sering membuka banyak tab di browser. Hal ini juga menguras RAM laptop. Apalagi kalau situs yang dibuka ada fitur auto-refresh-nya.

lemot

  1. Banyak startup programs

Punya banyak aplikasi di laptop? Beberapa aplikasi yang kamu punya tersebut akan berjalan di background secara otomatis saat kamu mulai menyalakan laptop. Makin banyak aplikasi yang berjalan otomatis saat booting, maka akan membuat laptop kamu semakin lemot.

  1. Banyak add-ons

Saat membuka browser dan surfing, secara nggak sadar, kamu suka menambahkan add-ons pada laman browser. Hal ini juga jadi salah satu faktor melambatnya kinerja laptop kamu. Karena itu, teliti sebelum memasang add-ons ya.

  1. Jarang melakukan update OS

Baik pengguna laptop Windows ataupun MacOS, kamu tetap perlu rutin memperbarui sistem operasinya. Hal ini untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada laptop-mu. Kalau kamu jarang update, siap-siap aja laptop kamu makin melambat.

  1. Kena virus

Pastinya kamu tahu, virus yang menyerang perangkat elektronik akan membawa akibat fatal pada laptop maupun isinya. Salah satu dampaknya adalah memperlambat bahkan merusak laptop. Karena itu, hati-hati ya saat menerima file baik secara online maupun offline.

  1. Antivirus terlalu aktif

Untuk mengatasi adanya virus pada laptop, pasti kamu udah mengantisipasinya dengan meng-install aplikasi antivirus. Tapi, kalau aplikasi antivirus ini terlalu aktif pun bisa jadi penyebab laptop kamu melambat lho, karena aplikasi tersebut berjalan di background. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur waktu tertentu untuk melakukan scanning secara rutin.

Nah, setelah tahu penyebabnya, mulai sekarang lebih hati-hati dalam menggunakan laptop dan rawatlah dengan baik-baik ya. Mau laptop yang awet dan bebas lemot? Ada rekomendasinya untuk kamu nih di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *