semangat

Liburan semester yang panjang pasti memberikan kepuasan untukmu. Setelah jalan-jalan, hangout sama teman lama, kumpul sama keluarga, atau sekadar beristirahat di rumah, kini waktunya kamu kembali ke rutinitas kuliah. Nggak heran kalau banyak di antara kamu yang merasa malas dan berat untuk kembali ke kampus setelah melewati euforia liburan.

Nah, biar semangat kamu kembali untuk menjalani ‘kenyataan hidup’ alias kuliah, coba aja beberapa tips berikut ini:
  1. Kembalikan niat kuliah yang udah mulai pudar

Minggu pertama biasanya adalah waktu beradaptasi kamu untuk mengembalikan niat belajar. Biar semangat lagi, coba deh pikirkan hal-hal menyenangkan yang bisa kamu temukan di kampus. Misalnya, mengobrol atau bermain dengan teman kuliah yang udah lama nggak bertemu. Dengan memikirkan hal menyenangkan tersebut, maka akan mempermudah niat belajarmu untuk kuliah.

  1. Buat jadwal hari pertama

Masuk semester baru pastinya jadwalmu akan berbeda dengan yang sebelumnya. Di minggu pertama kuliah, manfaatkan waktu untuk membuat jadwal kegiatan sendiri. Buatlah mulai dari hari pertama hingga beberapa hari ke depan. Dengan begitu, secara nggak langsung kamu mulai memikirkan cara untuk menyelesaikan kegiatan tersebut, sehingga semangat belajarmu pun makin meningkat.

  1. Mulai kembali belajar pelan-pelan

Memulai rutinitas kuliah terutama belajar memang hal yang terasa berat setelah liburan. Nggak usah terburu-buru, cobalah untuk mulai belajar secara pelan-pelan. Mood dan pikiran kamu pun pasti belum fokus untuk menyerap ilmu dan informasi banyak-banyak. Karena itu, lakukanlah secara perlahan tapi tetap pasti.

semangat

  1. Jangan biarkan hal negatif mempengaruhi kamu

Selain kamu, pasti ada banyak teman-temanmu yang juga merasa malas untuk kembali kuliah. Nah, jangan sampai pikiran dan mood kamu terpengaruh oleh mereka. Sebaliknya, cobalah untuk mempengaruhi teman-teman kamu biar kembali semangat kuliah.

  1. Buat strategi dan motivasi

Masuk kuliah, kamu perlu menyiapkan strategi belajar yang baik, terutama terkait target untuk menaikkan nilai IPK kamu. Dengan begitu, kamu jadi makin termotivasi untuk melakukan yang terbaik dan jadi semangatmu untuk kuliah jadi kembali.

  1. Fokus

Lupakan euforia liburan karena masa tersebut udah selesai dan kamu harus mengembalikan mood untuk belajar dan kuliah. Begitu mood kembali, cobalah untuk terus fokus pada kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *