sebagai mahasiswa

Kehidupan sebagai seorang mahasiswa itu berbeda banget dengan kehidupan sebagai seorang siswa. Dunia perkuliahan itu berbeda banget dengan dunia sekolah. Kamu akan dituntut untuk mampu mengatur diri dan kegiatan sehari-hari kamu, dan nggak bergantung pada orang lain.

Sebagai mahasiswa, kamu juga perlu menanamkan hal-hal berikut ini ke dalam diri kamu:
  1. Rajin kuliah

sebagai mahasiswa

Yang namanya mahasiswa, udah pasti tugas utamanya adalah kuliah. Karena itu, kamu harus rajin-rajin kuiah sampai lulus. Jangan sampai setelah menjalani perkuliahan selama beberapa saat, kamu jadi jarang masuk kuliah lagi atau bolos.

Tapi, rajin kuliah bukan berarti kamu cuma perlu kuliah atau belajar tanpa berhubungan dengan dunia luar lho. Kamu pun dapat mengisi hari dengan mengikuti kegiatan lain yang bermanfaat seperti bergaul dengan banyak orang, ikut organisasi, dan berolahraga.

  1. Buat jadwal kegiatan

sebagai mahasiswa

Untuk mempermudah kamu dalam mengatur waktu, kamu perlu membuat jadwal kegiatan mulai dari hari Senin sampai Minggu. Dalam satu hari, buatlah jadwal kegiatan dari jam sekian sampai jam sekian.

Dengan begitu, kegiatan sehari-hari kamu jadi lebih terorganisir. Kamu pasti juga akan menemukan dalam satu jadwal ada kegiatan yang bentrok dengan kegiatan lain. Di sinilah kamu juga dituntut untuk bisa menentukan prioritas.

  1. Jangan titip absen

sebagai mahasiswa

Titip absen udah jadi hal yang biasa bagi beberapa mahasiswa, bahkan udah dianggap sebagai hal yang dibenarkan. Alasan mahasiswa titip absen adalah mereka ingin bolos tapi tetap ingin dinyatakan hadir.

Bukan cuma jadi masalah kalau sampai ketahuan oleh dosen, tapi juga menurunkan moral dan kejujuran dalam diri kamu. Kalau dilakukan, hal ini bisa jadi kebiasaan buruk dan terbawa dalam kehidupan sehari-hari kamu. Karena itu, hindarilah titip absen apapun keadaannya.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu tanamkan di dalam diri kamu sebagai mahasiswa. Kalau kamu punya saran penting lainnya untuk sesama mahasiswa, jangan segan untuk share di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *