dimasak

Kamu anak kos? Pasti kamu tahu betapa sulitnya memasak dengan peralatan masak yang seadanya. Mentok cuma bisa masak nasi karena alat masak yang dimiliki Cuma rice cooker. Yang ada bosan kalau makan nasi terus-terusan.

Ternyata, rice cooker bisa digunakan bukan cuma untuk masak nasi, lho! Ada banyak makanan yang bisa dimasak dengan rice cooker.

Ini dia 5 inspirasi makanan yang bisa dimasak dengan rice cooker:
  1. Bubur

dimasak

Tentu kita semua tahu kalau kita bisa membuat nasi menjadi bubur. Caranya adalah kamu cukup memasak nasi di rice cooker seperti biasa. Nah, yang membedakan adalah saat nasi matang, tambahkan 1-2 gelas air ke rice cooker, lalu tambahkan garam dan merica secukupnya. Biar lebih enak lagi, siapkan telur rebus (yang bisa kamu rebus di rice cooker sebelum memasak bubur), abon, dan kerupuk.

  1. Pasta

dimasak

Memasak pasta juga bisa di rice cooker, lho. Cuma perlu masukkan air dan pasta ke dalam rice cooker, nyalakan dan tunggu beberapa menit, lalu matang, deh! Kamu tinggal menambahkan saus spaghetti kalengan, garam, merica, dan taburan keju sesuai selera kamu. Kalau mau menambah lauk untuk protein, kamu bisa tambah rebusan udang atau jamur bersamaan saat memasak pastanya.

  1. Mie instan

dimasak

Nah, makanan yang satu ini pasti jadi favorit anak kosan. Selain di kompor, kamu bisa memasak mie instan menggunakan rice cooker. Tinggal masukkan air secukupnya, masukkan mie-nya, lalu nyalakan rice cooker-nya, dalam beberapa menit pun mie kamu matang. Setelah matang kamu tinggal menambakan bumbu-bumbunya. Biar agak lebih sehat, tambahkan aja sayuran seperti brokoli atau sawi dan telur saat merebus mie-nya.

  1. Oatmeal

dimasak

Kalau nggak punya pemanas air, kamu bisa menggunakan rice cooker untuk memasak bubur gandum, atau lebih biasa disebut oatmeal. Biar nggak hambar, kamu bisa memasak oatmeal dengan susu, lho. Masukkan susu cair dan oatmeal ke dalam rice cooker, nyalakan, lalu tunggu sampai matang dan mengembang. Setelah itu kamu bisa menambahkan potongan buah seperti stroberi atau kismis untuk menambah rasa.

  1. Pancake

dimasak

Pingin yang manis-manis untuk merubah suasana? Kamu pun bisa bikin pancake dengan rice cooker, asal ada bahannya. Caranya, masukkan 100 gram (10 sendok makan) tepung terigu, 1 butir telur, 150ml susu cair, 2 sendok makan mentega, dan 3-4 sendok teh gula pasir ke dalam rice cooker. Aduk sampai adonan agak mengembang dan berbusa, lalu nyalakan rice cooker, tunggu sampai matang. Setelah matang, kamu bisa menambahkan sirup maple, meses, atau selai untuk bahan pelengkap lainnya.

Itulah 5 inspirasi makanan yang bisa dimasak menggunakan rice cooker. Gampang banget, kan? Kalau butuh rice cooker yang mumpuni untuk memasak semua menu tersebut, tinggal klik aja di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *