uang tambahan

Semua orang pasti ingin punya uang tambahan. Sayangnya, nggak semua mahasiswa punya waktu yang cukup untuk pekerjaan sampingan atau buka usaha kecil-kecilan.

Tapi tenang, tanpa kerja tetap atau buka usaha kecil-kecilan, kamu tetap bisa mendapatkan uang tambahan kok. Caranya:

uang tambahan

1. Perhatikan apa yang sedang ngetren di lingkunganmu

Dengan mengikuti tren yang sedang berlangsung, kamu bisa memanfaatkan situasinya untuk mendapatkan uang tambahan. Misalnya, kamu bisa buka jasa editing vlog, jasa fotografi, membuat brush lettering, membuat handmade custom, dan lain-lain.

2. Manfaatkan waktu senggang di antara kesibukanmu

Daripada duduk-duduk atau main medsos saat selesai kuliah, manfaatkan aja skill kamu. Misalnya, kalau kamu jago dalam satu mata pelajaran, tawarkan aja jasa tutor kepada teman atau junior kamu yang merasa kesulitan. Kamu juga bisa promosikan jasamu ini melalui dosen, misalnya ada mahasiswa beliau yang kesulitan dengan mata kuliahnya, kamu bisa minta beliau untuk mengumumkan jasanya.

uang tambahan

 

3. Sewakan apa yang kamu punya

Kalau kamu punya kamera, sepeda, atau perkakas apapun yang jarang dipakai, coba aja untuk disewakan. Kalau mau, sebarkan juga infonya ke teman-teman kampus kamu, bisa lewat flyer atau media sosial.

4. Cari uang tambahan dari tempat nongkrong kamu

Kalau nggak punya waktu luang di antara jam kuliah dan aktivitas lainnya, carilah cara dimana kamu bisa menghasilkan sedikit uang di tempat tongkrongan kamu. Misalnya kamu ikut klub olahraga, tanya aja apakah mereka mau membayar kamu kalau kamu rutin beres-beres dan membersihkan alat-alat di sana.

Atau misal di tempat les, kamu bisa coba tanya apakah kamu bisa bantu-bantu admin di sana satu jam sebelum dan sesudah kamu les. Kamu harus pintar cari peluang, jangan takut diketawain.

5. Jadikan lemarimu sebagai sumber penghasilan

Kumpulkan barang-barang yang udah nggak kamu gunakan lagi, baik baju, tas, aksesoris, atau buku. Kamu bisa coba untuk menjualnya di platform online market atau di media sosial kamu sendiri. Asalkan kondisinya masih bagus, barang-barang tersebut layak kok untuk dijual kembali.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *