butuh asuransi

Asuransi adalah salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang, nggak terkecuali mahasiswa. Walau masih muda dan belum bekerja, mahasiswa tetap butuh asuransi sebagai proteksi.

Memang, kenapa sih mahasiswa juga butuh asuransi?

Setiap orang pasti dihadapkan dengan risiko terjadinya hal-hal yang nggak diharapkan, termasuk kamu yang masih kuliah. Yang dimaksud risiko di sini seperti penyakit, kecelakaan, dan lainnya. Supaya nggak mengalami kerugian, maka antisipasi sangat diperlukan. Apalagi kalau kamu kuliah di kota perantauan, dimana kamu nggak mungkin mengharapkan orangtuamu datang pada saat itu juga untuk membawamu ke rumah sakit. Untuk menanggung biaya pengobatan sendiri pun pasti akan terasa berat.

butuh asuransi

Karena itu, kamu perlu menyiapkan asuransi sebagai antisipasi. Dari sekian banyak jenis asuransi yang ditawarkan, untuk mahasiswa kamu hanya butuh asuransi kesehatan. Seorang mahasiswa belum memerlukan asuransi jiwa karena belum memiliki tanggungan.

Tapi, kalau kamu memang memiliki asuransi jiwa, ketika kamu meninggal pada masa pertanggungan, maka uang pertanggungan akan diberikan kepada orangtuamu. Hal itu jadi terasa kurang tepat karena pasti sebenarnya orangtuamu nggak mengharapkan keuntungan dari anaknya. Apalagi kalau keuntungan tersebut didapatkan dari kematian anaknya. Karena itu, umumnya seorang mahasiswa belum punya kebutuhan asuransi jiwa.

Mungkin asuransi sampingan yang dibutuhkan seorang mahasiswa adalah asuransi kendaraan. Kalau kamu memiliki mobil dan tinggal jauh dari orangtua, maka asuransi kendaraan juga penting. Saat terjadi kerusakan atau kecelakaan, kamu akan merasa kesulitan kalau nggak memilikinya.

butuh asuransi

Sebagai mahasiswa, kamu mungkin nggak selalu menyediakan biaya cadangan yang cukup besar untuk mengatasi masalah kendaraan. Saat menghadapi keadaan darurat, perusahaan asuransi lah yang akan menanggung kerugianmu. Jadi, keadaan darurat tetap dapat terkendali walaupun kamu nggak mendapat bantuan langsung dari orangtua.

Kalau kamu nggak memiliki proteksi, kamu pasti bakal merasa kebingungan saat terjadi hal yang nggak terduga dan merugikan. Karena itu, antisipasi hal tersebut dengan memiliki asuransi sekarang juga. Kalau bingung ingin menentukan asuransi kesehatan jenis apa yang ingin kamu gunakan, kamu bisa simak di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *