tahun baru imlek

Tanpa terasa Tahun Baru Imlek biasanya jatuh berkisar antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari. Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 5 Februari 2019. Imlek biasanya dirayakan dalam tradisi yang bervariasi.

Dalam menyambut datangnya hari spesial ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Apa aja ya?

Inilah persiapan yang dilakukan dalam menyambut Tahun Baru Imlek:
  1. Bersih-bersih

Sebelum imlek, semua orang yang merayakan akan bersih-bersih rumah. Bukan cuma nyapu dan ngepel, tapi tiap sudut rumah pun turut dibersihkan dan dirapikan. Harapannya adalah agar semua ketidakberuntungan terbuang dan agar dapat menyambut tahun baru dengan peruntungan yang lebih bagus.

  1. Menghias dengan warna merah

Hari Imlek itu identik dengan warna merah. Tiap rumah, jalanan, toko, dan tempat makan yang merayakan Tahun Baru Imlek pasti akan dipenuhi hiasan merah, seperti lentera, gantungan dinding, pita, dan lain sebagainya.

Kenapa merah? Karena menurut kepercayaan, dulu desai di Cina setiap setahun sekali selalu diserang oleh makhluk ganas bernama Nian. Warga akhirnya tahu kalau makhluk tersebut ternyata takut dengan warna merah, sinar, dan suara bising. Karena itu dipasanglah hiasan merah di setiap rumah, ditambah dengan membunyikan petasan dan kembang api. Sejak itulah Nian nggak pernah datang lagi.

tahun baru imlek

  1. Makan malam bersama

Biasanya orang-orang Tionghoa akan mengusahakan untuk pulang dan berkumpul bersama keluarga di hari yang spesial ini. Bahkan termasuk mereka yang merantau ke kota atau negara lain.

Biasanya, ada beberapa makanan yang wajib dihidangkan saat Imlek. Ikan dan kepiting adalah dua di antaranya. Ikan menyimbolkan harapan agar tiap tahun ada sisa tabungan atau rezeki, sedangkan kepiting untuk mendapatkan rezeki sampingan, misalnya menang undian.

  1. Kumpul bersama

Setelah makan, para anggota keluarga akan berkumpul bersama. Ada yang menonton acara TV spesial, atau ada juga yang mulai membagikan angpao untuk anak-anak. Setelah itu semua akan saling mengirimkan ucapan selamat Hari Imlek.

  1. Menyalakan kembang api

Begitu jam menunjukkan pukul 12 malam, langit akan penuh dengan cahaya kembang api, dan suara riuh petasan dapat terdengar di jalanan. Di Cina, pesta kembang api pada malam Tahun Baru Imlek yang diadakan skalanya sangat besar mengingat Cina ada produsen kembang api terbesar di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *