perayaan imlek

Tahun Baru Cina atau yang biasa disebut Imlek memang dirayakan dengan meriah tiap tahunnya oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Perayaan Imlek digelar untuk menyampaikan harapan baik di tahun yang baru.

Ada banyak tradisi yang dilakukan untuk merayakan Tahun Baru Imlek di berbagai belahan dunia. Seperti apakah perayaannya?

Inilah beberapa perayaan Imlek yang ada di berbagai negara:

Tiongkok

perayaan imlek

Hampir seluruh kota di Tiongkok merayakan Imlek. Di Hong Kong dan Macau, orang libur. Tradisi yang dilakukan adalah makan malam bersama di malam Tahun Baru Imlek dengan keluarga, kemudian semua anggota keluarga akan pergi membeli bunga persik, bunga daffodil, dan buah kumquat.

Di pagi harinya, masyarakat setempat akan mengunjungi kuil untuk berdoa untuk kemakmuran dan kesehatan mereka. Saat berkunjung ke rumah teman dan kerabat, akan ada pembagian lishi atau angpao kepada anak-anak untuk berbagi berkat. Nah, kemudian pertunjukan kembang api biasanya dilakukan pada hari kedua atau ketiga.

Indonesia

perayaan imlek

Perayaan Imlek di Indonesia biasanya dirayakan di beberapa tampat atau daerah dengan mayoritas penduduk Tionghoa yang dapat menarik keramaian. Ornamen dan hiasan khas Imlek terlihat menghiasi setiap sudut tempat. Pertunjukan kembang api dan barongsai juga dapat ditemui pada perayaan di sini. Tradisi bagi-bagi angpao pun juga dilakukan masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Amerika

perayaan imlek

Masyarakat etnis Tionghoa di Amerika biasanya tinggal di California, San Francisco, New York, Seattle, dan Washington. Imlek di sini biasanya dirayakan bersama keluarga. Tapi, nggak cuma masyarakat Tionghoa, masyarakat umum juga turut menikmati perayaan tersebut, seperti festival lampion, atau tarian naga dan singa. Banyak orang membawa banner warna-warni, drums, dan kembang api untuk menghidupkan suasana.

Singapura

perayaan imlek

Sekitar 70% dari populasi Singapura merupakan masyarakat etnis Tionghoa. Di malam tahun baru, sashimi atau keripik dengan sayuran dan daging akan dihidangkan di meja. Saat semua anggota keluarga berkumpul di meja makan, mereka akan berebut untuk mengambil sashimi. Kalau mereka memegang dagingnya lebih tinggi, berarti mereka akan mendapatkan keberuntungan lebih banyak di tahun depan.

Perayaan meriah seperti bazaar, parade Chingay, dan tarian singa dan naga pun turut diadakan di sini. Memberi hadiah pun juga lazim dilakukan. Tradisi mengenakan pakaian dan topi baru, serta mengganti seprai dan selimut juga dipertahankan di Singapura.

Eropa

perayaan imlek

Salah satu kota yang merayakan Tahun Baru Imlek adalah London. London memiliki populasi masyarakat etnis Tionghoa yang cukup besar. Perayaan yang biasa dilakukan adalah atraksi parade di jalan, yang dilanjutkan dengan festival meriah yang berpusat di Chinatown, Trafalgar Square, dan Shaftesbury Avenue.

Dalam festival tersebut, disajikan pertunjukan tari-tarian khas negeri Tirai Bambu, akrobat, atraksi beladiri, hingga gelaran festival musik yang tentunya diisi oleh penyanyi-penyanyi asal Cina. Berbagai rumah makan di London juga turut menyajikan menu khusus Imlek dan kerajinan khas Cina bisa ditemukan di seluruh penjuru kota.

Tradisi perayaan Imlek di berbagai negara seru-seru, kan? Kalau di daerah kamu seperti apa nih perayaannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *