kuliah online

Semua orang pasti ingin menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Apalagi kalau bisa kuliah di universitas ternama. Tapi, untuk bisa bergabung di sederet universitas ternama yang ada, tiap orang wajib mempersiapkan banyak hal. Mulai dari persiapan bersaing dengan mahasiswa lainnya sampai biaya harus dipersiapkan dengan matang.

Nah, untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di universitas ternama namu terkendala biaya, ada jalan keluarnya kok! Beberapa universitas ternama tersebut menyediakan kuliah online gratis. Nggak perlu bayar, kamu cuma perlu mengandalkan jaringan internet dan ketekunan kamu.

Apa aja situs kuliah online tersebut? Yuk, simak di sini:

edX

kuliah online

Situs ini didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT di tahun 2012. Menggunakan sistem Massive Open Online Course (MOOC) memungkinkan banyak orang untuk berpartisipasi dan mengakses melalui web tanpa batas. edX memiliki lebih dari 1300 kursus dalam berbagai bidang, yaitu humaniti, matematika, sains komputer, dan lainnya. Situs ini akan membagikan silabus, rekaman video, sampai forum diskusi.

Coursera

kuliah online

Dengan mengikuti kuliah online di situs ini, kamu akan dibimbing oleh instruktur berkualitas tinggi dari lembaga pendidikan dan universitas terbaik di dunia. Di sini kamu akan belajar dari video dan rekaman dari dosen dan forum diskusi. Agar lebih maksimal, kamu juga akan diberikan tugas setiap kali sesi selesai untuk mengukur dan menilai progress pembelajaran kamu.

2226 jenis kursus dalam berbagai bidang dari 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik bisa kamu pilih di sini. Setelah kamu dinyatakan lulus (dengan syarat memenuhi nilai minimal) kamu akan diberikan sertifikat online resmi yang bisa kamu tambahkan ke CV. Tentunya, kamu perlu membayar sertifikat tersebut dengan harga yang tertera. Tapi, kamu juga bisa memilih untuk mengambil kursus tanpa sertifikat kok.

IndonesiaX

kuliah online

Kalau ingin kuliah gratis dengan Bahasa Indonesia sebagai pengantar, maka kamu bisa mencoba IndonesiaX. Situs ini menawarkan sistem belajar menggunakan forum diskusi, video, artikel, dan kuis.

Di sini kamu bisa mendapatkan kursus yang dapat menunjang karir dan ilmu pengetahuan, mulai dari broadcasting, public speaking, sampai manajemen. Universitas dan lembaga yang bermitra dengan situs ini adalah UI, ITB, BNI, Net TV, Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Unair, edX, dan lainnya.

MIT OpenCourseWare

kuliah online

Nggak perlu jauh-jauh ke MIT, kamu bisa mendapatkan ilmunya dengan mengambil kuliah online di situs ini. MIT OpenCourseWare (OCW) menawarkan lebih dari 2400 jenis kursus. Kamu bisa memperkaya pengetahuan dalam menghadapi berbagai permasalahan dunia, mulai dari perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, sampai pemberantasan kanker. Selain itu, bidang musik, sejarah, dan pendidikan juga tersedia, lho.

Future Learn

kuliah online

Situs ini menawarkan ratusan kursus gratis dari berbagai bidang, mulai dari bahasa dan budaya, bisnis dan manajemen, kesehatan dan psikologi, sampai sains teknologi. Kamu bisa mendaftar kuliah online di sini dan bertemu dengan pengajar terbaik di seluruh penjuru dunia. Materi pembelajarannya berupa video, artikel, diskusi, kuis, bahkan belajar robotik, antibiotik, dan musik.

Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mengambil kuliah online di situs-situs tersebut? Lumayan lho kamu jadi dapat ilmu banyak secara gratis!

Comments

    1. biasanya tidak ada pertemuan secara fisik, tapi ada beberapa kemungkinan pertemuan secara langsung diadakan antara mahasiswa dengan dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *